4 Tahapan Cara Membangun Rumah

4 Tahapan Cara Membangun Rumah

Pada dasarnya, rumah atau teempat tinggal yang permanen adalah impian bagi setiap orang, termasuk saya. Kenapa banyak orang kesulitan untuk memulai membangun rumah idamannya sendiri? Sebenarnya ada ” tahapan cara membangun rumah ” tidak sesulit yang kita dibayangkan, asalkan kita tahu ilmunya.

tahapan cara membangun rumah

Mari kita simak 4 tahapan cara membangun rumah:

1.  Lokasi Tanah

Faktor lokasi tanah akan berpengaruh terhadap faktor biaya yang perlu dipersiapkan untuk membangun rumah. Semakin strategis lokasinya, semakin tinggi pula biaya yang harus dipersiapkan.

Untuk itu, faktor lokasi perlu dipertimbangkan untuk menentukan apakah nanti kita bisa membuat rumah yang sesuai dengan keinginan & kemampuan atau tidak.

Sebagai gambaran, misalnya di kawasan Jabodetabek pada tahun 2008 rumah murah bisa dibeli dengan harga sekitar 60-90jt. Di tahun 2015 ini, rumah seharga 300jt masih dianggap murah.

2. Gambar Desain Rumah / Gambar Rencana

Setelah menentukan lokasinya, tahapan selanjutnya adalah mendesain rumah yang sesuai dengan keinginan kita, tentunya juga sesuai budget.

Dalam mendesain rumah, kita bisa saja mendesain rumah sendiri dengan menggunkan bantuan berbagai informasi baik dari buku, internet, maupun dari hasil diskusi dengan pakar yang ahli di bidang desain rumah tinggal. Tapi ingin menggunakan jasa arsitek juga tidak dilarang. ini link arsiteknya ==> rumah3desain.id

baca juga: 8 ide inspirasi desain eksterior rumah modern

Dalam mempersiapkan hunian pribadi, gambar kerja yang detail juga diperlukan agar rumah anda dapat terbangun dengan sempurna.

Biasanya jika anda menggunakan jasa arsitek, anda akan mendapat perencanaan desain yang lengkap, seperti: gambar layout/denah, gambar 3D model rumah, gambar IMB (untuk ngurus izin IMB), gambar kerja teknis (untuk acuan kerja tukang), dan biasanya juga dilengkapi hitungan biaya ngebangunnya (RAB).

Jika memang anda merasa langkah-langkah dalam proses membangun rumah yang anda inginkan agar rumit, pastikan anda atau tukang anda memahami gambar desainnnya, agar jadinya rumah yang dibangun benar sesuai rencana anda.

baca juga: menjadi arsitek tidak harus jago gambar

3. Material Bahan Bangunan

Tahapan selanjutnya adalah menentukan material yang akan digunakan.

Material yang nantinya digunakan tersebut merupakan investasi jangka panjang yang perlu anda pertimbangkan. Di satu sisi, anda memang perlu mempertimbangkan harga material pada saat akan membuat hunian pribadi anda. Tapi selain itu, anda juga perlu memperhatikan kualitas material dan bahan bangunan yang akan anda gunakan.

Hal ini dikarenakan kualitas bahan bangunan yang akan anda gunakan juga akan berpengaruh terhadap perawatan rumah anda nantinya.

4. Tukang / Pekerja Bangunan

Hal yang tidak kalah penting dalam mempersiapkan hunian anda adalah tukang yang akan dipekerjakan. Jika anda mengerti bangunan, anda bisa menggunakan tukang amatiran yang biayanya lebih murah, tapi jika anda tidak mengerti sama sekali tentang bangunan, sebaiknya menggunakan tukang yang handal atau jasa konsultan arsitek.  Langkah pembangunan rumah memang tidak semudah teori yang dijelaskan dalam banyak posting di internet maupun di media lain.

Tapi setidaknya, dengan adanya tips-tips dan masukan dari media lain, kita dapat mendapatkan banyak ide untuk rumah idaman kita. Selain itu, dengan banyaknya tips yang diberikan, kita juga bisa semakin mematangkan rencana kita untuk membangun sebuah rumah yang kita impikan selama bertahun-tahun.

Mau dapatkan Materi dan Info penting lainnya mengenai dunia proyek
silahkan gabung di channel Telegram sharing Jagoproyek ini!join telegram

jagoproyek.com – rumah3desain.id
Jl. H. Gedad No. 85  Kel. Paninggilan Utara, Ciledug. Tangerang – Banten 15153
Phone : 0817-7414-2291
Email :  admin@jagodesainproyek.com