Bagaimana Cara anda Mendatangkan Proyek

Bagaimana Cara anda Mendatangkan Proyek

“Bagaimana Cara anda Mendatangkan Proyek”

Ketika mendapat pertanyaan seperti itu, maka yang ada dalam benak kita adalah “promosi“, betul nggak?. Lalu bagaimana cara anda mendatangkan proyek, dengan promosi seperti apa?
Setidaknya ada beberapa cara meningkatkan promosi yang bisa anda gunakan, diantaranya:

  • Iklan di media cetak
  • Menyebar brosur
  • Memuat website
  • Iklan di media social
  • Iklan di google
  • dan lain-lain

Cara-cara tersebut adalah cara yang lazim untuk mendatangkan proyek. Jika anda memilih iklan media cetak, maka yang perlu anda sampaikan adalah keunggulan anda. “paket desain lengkap dengan harga murah“, “konsultasi gratis“, “free desain, jika dengan pelaksanaannya“. Pesan-pesan yang disampaikan harus menyentuh sisi rasional dari calon klien kita.

Nah menariknya, sering kali keputusan klien menggunakan jasa kita tidak melulu bersifat rasional.

bagaimana cara anda

Banyak juga klien yang terkadang tidak melihat kualitas kerja kita, namun terkait hal lain seperti “siapa yang menyampaikan“, “bagaimana disampaikan“, dan siapa saja yang sudah menggunakan jasa kita.

Jadi klien mau menggunakan jasa kita, bukan karena benar-benar tahu hasil kerja kita baik atau biasa saja, tapi karena direferensikan oleh saudaranya, oleh rekannya, atau melihat dari proyek-proyek yang pernah kita kerjakan.

Klien banyak bukan jaminan

Apa yang menyebabkan kita mengeluarkan biaya besar untuk iklan? Karena kita hanya terfokus mendatangkan klien baru, dan berharap dapat proyek-proyek baru, tetapi tidak berpikir untuk mempertahankan klien yang ada dan menjadikannya marketing alami dari usaha jasa kita.

Ada banyak usaha jasa arsitek atau kontraktor yang banyak proyek setelah pasang iklan besar-besaran, namun setelah itu sepi lagi tidak ada proyek, dan akhirnya bangkrut.

picture by: pixabay.com

Kenapa mereka tidak mampu memberikan kepuasan kliennya, sehingga klien tidak mau lagi menggunakan jasanya, atau merekomendasikan ke teman atau koleganya?

Banyak penyebabnya, misalnya hasil kerjanya tidak bagus, mutunya kurang, tidak tepat waktu, tidak professional dan lainnya yang membuat klien kurang puas dengan cara kerja kita. Akibatnya? Sepi proyeknya.

Sebelum kondisi tersebut benar-benar terjadi, ada baiknya anda berimprovisasi dalam bisnis.

Jadilah pebisnis jasa yang dinamis, jaga statis. Ikuti perkebangan ilmu dan teknologi, jadilah profesional, terus perbaiki dan sempurnakan dengan memberikan pelayanan yang tak terlupakan. Pelayanan yang baik dengan hasil kerja yang baik pula akan menciptakan repeat proyek secara continue.

Oleh karena itu, mendatangkan klien sebanyak mungkin itu penting, namun mempertahankannya dengan memberikan mutu kerja yang terbaik itu jauh lebih penting. Setidaknya kita bisa menghemat dalam pengeluaran biaya promosi.

Komunitas

Apakah anda lebih percaya cerita hasil kerja yang bagus dari iklan atau dari seseorang yang anda kenal? Apalagi jika hal itu menjadi hot topic dalam komunitas yang ada ikuti didalamnya.

bagaimana cara anda

Tentunya komunitas yang akan dijadikan sasaran promosi adalah komunitas yang membutuhkan jasa kita. Siapa yang nggak membutuhkan jasa kita. Siapa yang nggak membutuhkan rumah tinggal? Tentu semua orang butuh ya, beberapa komunitas yang ada misalnya: klub motor, klub mobil, klub sepeda, klub fitness, klub arisan, ajang reunion, dan lainnya.

Menjalin kedekatan dan membentuk jaringan komunikasi sangat membantu dalam perkembangan usaha jasa kita. Komunikasi yang baik dijadlin secara continue dan diimbangi dengan kualitas kerja kita yang bagus, akan memberikan efek promosi melalui mulut ke mulut (word to mouth) yang luas biasa.

kamu yang ingin belajar ataupun mendalami tentang dunia proyek, bisa gabung ke grub telegram kami dan kamu akan langsung diarahkan oleh Founder Jagoproyek.

join telegram