Bagaimana Cara Membangun Rumah Sendiri

Bagaimana Cara Membangun Rumah Sendiri

“Tips Bagaimana Cara Membangun Rumah Sendiri”

Mengapa kebanyakan orang kesulitan dalam memulai membangun rumahnya sendiri? Sebenarnya “bagaimana cara membangun rumah” tidak sesulit yang kita bayangkan, asalkan kita tahu ilmunya. Mari kita bahas
Bisa memiliki rumah sendiri tentunya menjadi impian kita semua? Karena pada dasarnya, rumah atau tempat tinggal yang permanen adalah keinginan bagi setiap orang, termasuk saya.

Yang perlu dipertimbangkan !

  • Lokasi Tanah
    Lokasi tanah mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap biaya yang perlu dipersiapkan dalam proses pembangunan rumah.

Contoh kasusnya seperti ini:

  • Tanah yang berada dipinggir jalan besar akan berbeda dengan lokasi tanah yang posisinya agak jauh dari jalan besar, atau masuk jalan sempit yang tidak memungkinkan mobil material bisa mendekat lokasi rumah yang dibangun, Sehingga material harus diangkut sedikit demi sedikit, baik menggunakan gerobak ataupun troli. Jelas ini akan membutuhkan tenaga extra maupun waktu untuk memindahkan material mendekati lokasi pembangunan.
  • Ada beberapa lokasi tanah yang mengharuskan kita mengeluarkan biaya extra untuk menurunkan material yang kita beli dari material atau supplier, atau dikenal dengan istilah biaya turun material. Biasanya ini dilakukan oleh segelintir orang pada lokasi tertentu, baik bersifat perorangan ataupun terorganisir.

Sehingga semakin strategis lokasinya, semakin tinggi pula biaya yang harus dipersiapkan. Untuk itu, faktor lokasi perlu dipertimbangkan untuk menentukan apakah nanti kita bisa membuat rumah sesuai keinginan & kemampuan keuangan kita.

Konsultan Bangun Rumah | rumah3desain.id

Beberapa hal yang harus anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menentukan lokasi tanah. Jangan sampai kelak anda menyesal setelah terlanjur membeli tanah yang ditawarkan. Ingat, menyesal kemudian tidak ada gunanya.

bagaimana cara membangun rumah

Apa saja yang perlu dipertimbangkan?

  • Posisi Lokasi
    Hindari posisi lokasi lahan ditusuk sate atau di ujung jalan buntu. Secara teknis lahan ditusuk sate akan terganggu kenyamanannya ketika ada lampu kendaraan.
    Sedangkan lahan di jalan buntu, akan sering mengganggu kenyamanan penghuni karena banyak kendaraan yang terjebak atau tersesat disana. Ini tidak berlaku jika tanah tersebut berada dalam sebuah perumahan tertutup (cluster).
  • Bahu Jalan
    Ada baiknya anda cari lahan dengan lebar menghadap muka jalan kelipatan 3 meter, seperti lebar 6 meter, 9 meter, 12 meter, dst. Karena pertimbangan standarisasi ukuran ruang atau kamar yang baik, juga akan tampak cantik pada tampilan fasade bagian mukanya.

Jasa Gambar desain Rumah | rumah3desain.id

  • Akses Jalan
    Pilihlah lokasi dengan jalan masuk minimal 4 meter, atau ada baiknya lebih sehingga cukup 2 mobil berpapasan. Akan lebih baik apabila ruas jalan lokasi tersebut, merupakan jalan pemerintah (sudah di-aspal) sehingga lokasi ini dimungkinkan akan mudah berkembang.
    Jangan tergiur oleh janji-janji developer yang sering mengatakan “jalan ini sekarang memang masih tanah, tapi besok akan diperlebar dan diperkeras” atau “nanti kalau pemukimannya sudat padat, bisa bergotong royong untuk memperkeras jalan dengan paving block“.
  • Contour Tanah
    Pilihlah lokasi dengan contour tanah datar atau landai. Hindari pemilihan lokasi dengan contour curam atau terjal. Karena anda akan membutuhkan biaya besar untuk melakukan pengerukan dan penimbunan (cut and fill).
  • Jenis Tanah
    Carilah jenis tanah darat atau kering, karena kalau masih berupa sawah atau rawa, maka anda harus melakukan proses pengeringan, penimbunan dan pemadatan yang akan memakan waktu serta biaya tambahan.
  • Prospek
    Jika anda akan beli tanah atau lahan untuk bertujuan investasi, maka perlu cari tahu bagaimana prospek ke depan di lokasi tersebut. Anda bisa datang ke bagian tata kota untuk melihat master plan pengembangan di lokasi tersebut, apakah akan dibangun pusat perbelanjaan, kampus atau fasilitas umum lainnya. Hal ini akan berpengaruh terhadap kecepatan kenaikan harga tanah anda.
  • Kelengkapan Surat-surat
    Surat-surat kelengkapan perlu, anda cermati sebelum serah pembayaran dan serah terima. Ada baiknya anda cross check ke pihak Rt/Rw dan kelurahan setempat mengenai status tanah atau lahan tersebut.

Itulah beberapa tips “bagaimana cara membangun rumah sendiri” untuk kamu yang ingin membangun rumah dari nol, agar tidak salah mengambil keputusan.
Ingin belajar ataupun mendalami tentang dunia proyek, bisa gabung ke grub telegram kami.

join telegram