Bangun Rumah Perlu Gambar Desain & Perencanaan

Bangun Rumah Perlu Gambar Desain & Perencanaan

Mengapa bangun rumah perlu gambar desain, gambar desain itu ibarat peta atau petunjuk dalam membangun sebuah bangunan. Semakin jelas dan lengkap informasi yang disajikan dalam petunjuk tersebut, semakin mudah dan cepat sebuah tujuan dapat dicapai.
Semakin lengkap dan jelas petunjuk yang digunakan, semakin kecil kemungkinan terjadi kesalahan, kekeliruan, kebingungan, coba-coba lalu salah, pemborosan akibat terlalu memaksimalkan faktor keamanan, bahkan kerugian materi akibat bongkar pasang atau perbaikan kesalahan.

bangun rumah perlu gambar

Dalam Gambar Desain atau Rencana yang lengkap terdapat apa saja?

1. Gambar Detail Arsitektur

yang lengkap sehingga pelaksana anda dapat dengan mudah dan cepat menerjemahkan gambar ke dalam wujud bangunan. Senjata bentuk dan dimensi bangunan tergambar dengan jelas. Efeknya adalah kepada ketepatan waktu pelaksanaan dan hasilnya benar-benar sesuai dengan keinginan klien anda.

2. Gambar Model 3D Arsitektur

untuk kebanyakan orang yang tidak bisa membca gambar 2D, adanya model gambar 3D/gambar perspekstif akan sangat membantu dalam memvisualisasikan bentuk/model bangunan yang akan dibangun. Usahakan untuk memberikan gambar dalam bentuk 3D pada klien anda, ini akan jadi nilai tambah untuk anda.

bangun rumah perlu gambar

3. Gambar Instalasi Listrik

Air bersih, air kotor, semua instalasi harus sudah direncanakan dengan baik sehingga tidak ada lagi kebingungan menentukan jumlah armatur ataupun distribusinya. Efektif, tanpa bongkar pasang, dan rapih.

4. Gambar Rencana Struktur Lengkap

Mulai rencana pondasi, detail pondasi, sloof, kolom, kolom praktis, balok, plat lantai hingga ring balok.

Jadi kesimpulan, mengapa perlu desain yang lengkap?
Jawabannya sederhana, desain yang lengkap akan menghasilkan proses pembangunan yang lancar, tanpa masalah yang berarti, tepat waktu, tanpa konflik non teknis dari sisi pemahaman desain, tanpa bongkar pasang, dan sangat-sangat menghemat biaya.

baca juga: kriteria perencanaan konstruksi bangunan

Besarnya biaya desain yang dikeluarkan klien tidak ada apa-apanya dibandingkan kerugian yang akan terjadi apabila membangun tanpa petunjuk yang lengkap.
Atau positifnya, besarnya biaya desain yang dikeluarkan jauh lebih kecil dibanding dengan efisiensi yang didapat, baik dari segi financial, tenaga, waktu, dan hubungan antar personal di lapangan.
Sebenarnya, berapa persentase biaya desain lengkap terhadap TOTAL biaya pembangunan?

  • Ambil contoh kasus luas bangunan 100 m²
  • Biaya desain lengkap Rp 50.000,-/m²
  • Biaya pembangunan Rp 3.800.000,-/m² luas bangunan
  • Total biaya desain Rp. 5.000.000,-
  • Total biaya pemabangunan Rp. 380.000.000,-

Berarti persentase biaya desain terhadap biaya pembangunan hanya 1,13% sasja dari total biaya pembangunan. Hampir seperseratus dari total biaya. Benar-benar tidak sebanding bukan antara manfaat yang dapat diberikan dengan harga yang harus dibayar? Sangat-sangat murah!

baca juga: 4 tahapan cara membangun rumah

Tetapi, apabila tidak ada desain yang lengkap, masalah yang ditimbulkan, atau tingkat ketidak efisienan yang dapat terjadi, jauh lebih besar nilainya dari biaya desain tersebut.
Kelebihan atau sisa beberapa m³ volume beton nilainya bisa puluhan juta rupiah. Kesalahan pelaksanaan akibat desain tidak jelas sehingga harus bongkar pasang nilainya bisa jutaan rupiah.
Memang, beberapa orang memiliki persepsi tertenu tentang sebuah “desain“, kita pun haris memakluminys karena memang di indonesia masih kurang kesadaran atau wawasan akan pentingnya nilai sebuah karya desain.

Memang desain itu hanya “beberapa lembar kertas” yang dari segi fisiknya mungkin tidak berharga yang dihasilkan hanya oleh keringat manusia, bukan sebuah berang berharga yang memiliki “nilai fisik” yang tinggi. Tetapi nilai sumber daya manusia kitalah yang sudah sepatutnya dihargai, hasil pemikiran interlektual yang ternyata dapat menghemat biaya dan toh manfaatnya sangat besar utnuk investasi jangka panjang anda, yaitu sebuah bangunan yang baik.

Itulah beberapa penjelasan tentang, mengapa bangun rumah perlu gambar desain, agar perencanaan yang dibuat diterjadi bongkar pasang.

Jasa Deain Rumah Online – Jasa Desain Arsitektur – Jasa Desain Interior – Jasa Pelaksanaan Pembangunan – Jasa Pengawasan/Supervisi

jagoproyek.com – rumah3desain.id
Jl. H. Gedad No. 85  Kel. Paninggilan Utara, Ciledug. Tangerang – Banten 15153
Phone : 0817-7414-2291
Email :  admin@jagodesainproyek.com