Cara Efektif Menggunakan Jasa Arsitek

Cara Efektif Menggunakan Jasa Arsitek

Masyarakat sekarang mulai memiliki apresiasi untuk memperoleh rumah tinggal yang nyaman. Banyak diantaranya yang memanfaatkan cara efektif menggunakan jasa Arsitek untuk bantu mewujudkan impiannya. Sayangnya, masih banyak diantara Arsitek yang dalam prakternya kurang memberikan pelayanan yang baik.

cara efektif menggunakancara efektif menggunakan

Langkah-langkah yang akan saya uraikan dibawah akan membuat anda lebih efektif dalam memilih Arsitek yang akan membantu mewujudkan impian anda memiliki rumah idaman:

  • Pilih Arsitek yang Berkualitas

Anda boleh mendengarkan rekomendasi teman atau kerabat, akan tetapi berhati-hatilah dalam memutuskan pada siapa anda menggantungkan impian memiliki rumah yang anda inginkan.

Sebaiknya selain mendengar rekomendasi dari teman, anda juga perlu menanyakan langsung kepada Arsitek yang bersangkutan, dan meminta rekomendasi proyek yang telah dikerjakan. Jika kurang yakin, lihat dan amati langsung bangunan hasil karya desainnya.

Arsitek yang baik selalu memiliki ide-ide baru pada setiap karya desainnya. Mereka juga menjaga kualitas hasil kerjanya.

Setelah gambar desain selesai, mereka juga akan menawarkan jasa pembuatan hitungan rencana anggaran biaya ( RAB ). Tujuannya agar klien tahu berapa anggaran yang harus disediakan untuk membangun rumahnya.

  • Sampaikan Keinginan anda dengan Jelas

Setelah menemukan Arsitek yang cocok, sampaikanlah konsep yang anda inginkan. Sampaikanlah data mengenai lokasi tanah, ukuran tanah, tuntutan kebutuhan ruang, arah hadap, kantor tanah, dan lingkungan sekitar.

Data-data tersebut akan memudahkan Arsitek dalam mewujudkan konsep desain dalam bentuk gambar. Mengenai perhitungan biaya desainnnya, anda bisa lihat dalam pembahasan mengenai “Free Arsitek“.

cara efektif menggunakan

  • Maksimalkan masa Konsultasi

Konsultasi dapat berlangsung selama proses desain berlangsung. Berapa kali dan berapa lama sangat bervariasi untuk tiap Arsitek, ada Arsitek yang menetapkan secara berkala, ada pula yang fleksibel.

Namun, penting bagi anda untuk memaksimalkan masa konsultasi untuk membahas masalah desain, kebutuhan  ruang, penggunaan material, dan rencana anggaran biaya ( RAB ) pembangunan.

  • Mintalah Arsitek Mengawasi Pembangunan

Setelah gambar desain selesai, selanjutnya proses pembangunan sudah bisa dilaksanakan. Tentunya hal-hal yang berkaitan dengan proses perizinan, persiapan material maupun tukang seluruhnya sudah siap.

Ada baiknya anda meminta jasa untuk pengawasa pembangunan kepada Arsitek ( supervisi ). Pengawasan ini diperlukan untuk mengontrol proses pelaksanaan pembangunannya agar sesuai dengan konsep yang sudah direncanakan dan sesuai keinginan anda.

Namun, berapa lama masa pengawasan tersebut, tergantung kesepakatan anda dengan Arsitek yang bersangkutan, kisarannya bisa beberapa bulan atau hingga proses pembangunan selesai. Arsitek umumnya meminta biaya untukjasa ini. Besar kecilnya tergantung kesepakatan awal. Sebagai gambaran untuk biasa jasa supervisi antara 5-8% dari total biaya pembangunan, tergantung luasan bangunan.

  • Bayar Sesuai Ketentuan

Pertimbangkan harga dan paket yang ditawarkan Fee untuk jasa Arsitek biasanya dibayarkan berdasarkan angka persentase atau dihitung berdasarkan luasan bangunan.

Besarnya fee ini variatif dan proses pembayarannya pun juga bermacam-macam. Umumnya setelah kesepakatan, klien membayar uang muka sebesar 30% – 50% dari total biaya desain, selanjutnya pembayaran dilakukan per-termin.

  • Konsultasi Ulang Jika ingin Renovasi

Jika ingin merenovasi rumah sebaiknya berkonsultasi kembali dengan Arsitek yang mendesain rumah anda. Rumah yang anda ingin kembangkan pun bisa sesuai dengan konsep desain awal dan sesuai skala prioritas, sehingga biaya pembangunannya bisa anda atur sesuai dana yang anda miliki.

Itulah beberapa cara efektif menggunakan jasa Arsitek yang bisa kamu terapkan saat ingin membangun rumah.

Ingin belajar tentang Proyek? bisa gabung ke grub telegram Jagoproyek.

join telegram

Open chat
Hubungi CS JagoProyek !
Hubungi CS JagoProyek !