Cara Membaca Gambar Desain Rumah

Cara Membaca Gambar Desain Rumah

Baca Gambar
“Cara Membaca Gambar Desain Rumah”

Sebagai Arsitek, teknik sipil, ataupun pelaksana pembangunan, kemampuan cara membaca gambar rumah mutlak anda miliki, terlepas apakah anda sendiri yang membuat gambar desain tersebut, atau Arsitek lain yang membuatnya. Namun, jika anda kurang jelas atas gambar desain rumah tersebut, sebaiknya anda meminta Arsitek yang mendesain rumah tersebut menjelaskannya.

cara membaca gambar desain

Berikut ini cara memahami sebuah gambar desain:

  • Bentuk atau modelnya bagaimana
    Arsitek yang berpengalaman akan menyuguhkan tampilan gambar perspektif atau gambar model 3D Arsitektur, setelah rancangan awal berupa layout atau denahnya mendapat approved dari klien.
    Tampilan gambar 3D akan lebih mudah dipahami oleh sebagian besar klien ketimbang gambar 2D. Sehingga dapat menghindari terjadinya salah persepsi antara Arsitek dengan klien.
  • Ukurannya {Dimension} berapa?
    Pada Gambar denah tertulis keterangan dimensi yang menunjukan ukuran denah tiap-tiap ruang, sehingga dapat diketahui berapa ukuran masing-masing kamar, ruang tamu, dapur, ruang keluarga, dan lainnya.
    Gambar-gambar tersebut biasanya menggunakan perbandingan skala 1:100 yang artinya setiap 1cm yang tertera pada gambar mewakili 100cm kon-disi sesungguhnya di lokasi.
  • Ketinggian {Elevation} bangunan berapa?
    Ketinggian level bangunan bisa diketahui melalui symbol atau keterangan yang ditunjukan pada gambar denah maupun gambar potongan tampak bangunan berupa keterangan, misal:
    EL + 1.00 artinya ketinggian level 1m’ dari posisi
    EL +/- 0.00
    EL – 1.00 artinya ketinggian level -1m’ dari posisi
    EL +/- 0.00

cara membaca gambar desain

  • Jenis materialnya apa?
    Gambar desain yang dibuat oleh seorang Arsitek berpengalaman, sejak awal sudah memikirkan dan mempertimbangkan jenis material yang akan digunakan.
    Keterangan jenis material dapat anda lihat pada gambar kerja teknis maupun gambar detailnya. Keterangan tersebut juga akan tertulis pada spesifikasi material dalam hitungan RAB yang dibuat.
    Hal penting yang perlu dipahami dalam membaca gambar adalah penyesuaian antara pekerjaan yang ingin dikerjakan dengan lembar gambar yang jadi acuan, contoh: ketika hendak memasang pasangan keramik maka bisa melihat gambar detail pola lantai, ketika mau pasang plafond bisa lihat gambar detail plafond, dst.

untuk kamu yang ingin belajar atau mendalami tentang dunia proyek bisa gabung ke grub telegram kami

join telegram