Dekorasi Rumah Kayu Minimalis yang Modern

Dekorasi Rumah Kayu Minimalis yang Modern

Kabin atau rumah yang sepenuhnya menggunakan kayu sebagai materialnya merupakan sebuah model rumah yang cukup popular di luar negeri. Konsep dekorasi rumah kayu minimalis memang terbilang cukup unik, karena tampilannya berbeda dari rumah pada umumnya. Model rumah kayu awalnya muncul pada tahun 90-an. Namun, seiring dengan perkembangan waktu, model rumah kayu memang cenderung ditinggalkan karena banyak yang memilih menggunakan material bata ataupun semen pada rumah mereka.

Akan tetapi masih banyak pula yang menggunakan rumah kayu sebagai konsep rumah mereka. Rumah dengan menggunakan bahan material kayu dianggap memiliki nilai seni yang tinggi karena sangat susah dalam mendesainnya sehingga menjadi kebanggaan tersendiri bagi anda yang memiliki rumah kayu.
Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dekorasi rumah kayu minimalis yang bisa anda simak:

Kelebihan Rumah Kayu

Tentunya rumah kayu akan memberikan penampilan yang berbeda dari rumah pada umumnya. Meskipun sangat kental dengan konsep vintage, model rumah kayu dapat dibuat dengan konsep yang lebih modern sehingga dapat membautnya enak dilihat.

baca juga: dekorasi ruang tamu sederhana namun menarik

Salah satu kelebihan dalam rumah kayu adalah memiliki nilai seni dari artistik yang sangat tinggi. Kayu memiliki tekstur serat yang beragam dan terlihat menarik. Tampilan inilah yang membuat rumah kayu dapat memancarkan tampilan keunikan yang tidak bisa anda dapatkan dari material lainnya. Apalagi jika kayu tersebut sudah diproses seperti diukir, dipoles, atau[un diberi warna tentunya akan semakin membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik. Anda dapat memilih yang sesuai dengan desain rumah yang anda inginkan.

Kayu dapat mudah direnovasi, sehingga bila terjadi kerusakan ataupun anda ingin mengubah suasana di rumah anda, maka anda dapat dengan mudah merenovasinya.
Material kayu juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan.

dekorasi rumah kayu minimalis

Rumah dengan konsep kayu dapat memberikan kesan alami dan sejuk dalam rumah anda, hal ini dikarenakan kayu merupakan material yang langsung terbuat dari alam sehingga seakan anda manyatu dengan alam.
Kelebihan rumah kayu lainnya adalah dapat dijadikan sebagai investasi karena harga jualnya yang sangat tinggi. Selain itu, keberadaan rumah kayu cukup langka sehingga membuat harga pasarannya cukup mahal.

Kekurangan Rumah Kayu

Selain memiliki kelebihan, tentunya rumah kayu juga memiliki kekurangan perlu anda antisipasi dalam membuat rumah kayu:

  • Harga material kayu relatif mahal
  • Proses pengerjaan terbilang rumit
  • Beresiko tinggi terhadap kebakaran dan juga rayap

baca juga: inspirasi desain interior rumah minimais tanpa sekat

Setelah melihat kelebihan dan kekurangan yang dimiliki tentunya membuat banyak dari anda tertarik dalam membuat rumah dengan konsep rumah kayu. Namun, pasti banyak diantaranya yang kebingungan dalam menentukan dekorasi yang cocok untuk rumah kayu anda.

Memiliki rumah kayu membuat anda tidak perlu susah untuk mengecat dinding ataupun bagian rumah anda. Warna asli kayu sudah cukup unik dan menarik untuk dijadikan sebagai dinding rumah anda. Selain itu, penggunaan kayu juga akan memberikan karakter yang kaut dalam rumah anda. Namun, bukan berarti anda tidak diperkenankan untuk memberikan warna pada rumah kayu anda. Yang perlu anda ingat adalah rumah kayu memiliki konsep natural dan menyatu dengan alam, sehingga lebih baik jika anda memberikan warna-warna yang lebih lekat dengan alam misalnya orange, hijau lemon, dan lainnya.

Untuk mempertegas tampilan dekorasi rumah kayu anda, tentunya harus dilengkapi dengan berbagai macam furniture yang sesuai dengan rumah anda. Untuk menyesuaikannya, anda dapat menggunakan perabotan yang terbuat dari kayu pula untuk mendukung tampilan rumah anda.

Lebih baik lagi jika anda menggunakan perabotan yang menggunakan jenis kayu yang sama dengan jenis kayu yang banyak digunakan dalam rumah anda. Misalnya saja jika sebagian besar rumah anda menggunakan kayu jati sebagai bahan konstruksi bangunan, anda juga dapat menggunakan kayu jati dalam perabotan rumah anda. Meskipun harga yang cukup mahal, namun kekokohan dan kekautan kayu jati tidak dapat diragukan lagi.

baca juga: konsep rumah tumbuh untuk membangun rumah impian

Jangan lupa untuk mengatur pencahayaan di dalam rumah anda. Untuk penerangan lampu, anda dapat menggunakan lampu organic sebagai penerangan. gunakan bahan tembikar atau tanah liat yang dihaluskan dan dijadikan sebagaia tempat lampu. Solusi lainnya adalah dengan menggunakan tempat dari kayu atau brushed rod iron. Usahakan tempat lampu tidak memiliki motif apappun atau polos sehingga tampilannya akan terlihat lebih narutal. Jangan lupa untuk pencahayaan utama yaitu sinar matahari. Pastikan sinar matahari cukup di dalam ruangan anda sehingga terkesan lebih luas dan lenggang di dalam rumah.

dekorasi rumah kayu minimalis

Untuk pemilihan dekorasi rumah kayu, anda juga dapat menggunakan berbagai macam aksesoris. Misalnya saja menggunakan dekorasi yang antik dan unik sehingga menambahkan nilai seni dalam rumah anda. Pastikan untuk memilih dekorasi yang sesuai dengan konsep vintage rumah namun juga tetap menampilkan sisi modern di dalamnya.

dekorasi rumah kayu minimalis

Untuk menambah kesegaran di dalam ruangan rumah, anda juga dapat meletakkan tanaman di dalam pot pot kecil yang diletakkan di sudut rumah. Pemilihan dekorasi rumah kayu modern ini dapat membuat tampilan rumah semakin cantik dan juga membuat udara di dalam rumah menjadi lebih segar. Tentu ini akan sangat sehat untuk penghuni di dalam rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *