Desain Arsitek Rumah Minimalis Modern

Desain Arsitek Rumah Minimalis Modern

Rumah kecil dan murah dirancang untuk keluarga yang terdiri dari 2-4 orang dan dapat dibuat pada satu atau dua tingkat tergantung kebutuhan pemilih rumah. Desain arsitek rumah mungil ditandai dengan fungsionalitas tinggi, memudahkan penggunaan maksimal setiap ruang, serta secara signifikan mengurangi biaya konstruksi. Desain ini dibuat dengan cara yang sama seperti pada proyek lain kecuali setiap ruang ditata kreatif dan unik sehingga setiap meter persegi dapat dimanfaatkan secara optimal.
Berikut adalah beberapa prinsip arsitektur rumah dengan konsep unik yang bisa dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan anda.

Konsep Open Plan

desain arsitek rumah

Ketika berbicara tentang arsitektur rumah mungil, hal terutama yang harus dipertimbangkan adalah kita harus menghubungkannya dengan tata letak ruang yang mengutamakan segi fungsi, estetikam dan kepraktisan. Keuntungan utama proyek arsitektur rumah mungil adalah desain ini berhasil menawarkan hunian modern dan nyaman dengan anggaran yang relatif lebih rendah. Keuntungan besar lainnya adalah bahwa rumah mungil dapat dibangun di atas lahan apa pun terlepas dari apa pun bentuknya.
Desain arsitek rumah mewah namun mungil ini memiliki konsep open plan yang menghubungkan beberapa zona ruang, misalnya seperti ruang tamu, ruang makan, dan dapur yang dikelompokkan menjadi satu area fungsional dan dipisahkan oleh:

  • Perubahan level lantai
  • Variasi pencahayaan
  • Elemen struktural
  • Partisi atau penyekat
  • Perbedaan material (lantai, dinding, maupun pafon)
  • Variasi furnitur
  • Visual dengan teknik desain

Beberapa denah berikut menggunakan open plan untuk menciptakan ketebukaan dan kesan lapang pada sebuah rumah mungil, dengan menggabungkan ruang keluarga dan ruang makan. Anda bisa menerapkannya pada rumah 1 lantai maupun 2 lantai.

desain arsitek rumah

Perbedaan elevasi bangunan sangat penting untuk menonjolkan kepribadian sebuah rumah. Namun, kontras rumah tersebut juga dapat menunjukkan kepribadian yang berbeda. Rumah mungil ini tampak begitu unik dan menonjol di deretan rumah-rumah lain dengan menampilkan beragam proporsi dan komposisi pintu, jendela, material, tekstur, warna, overhang, kusen, dan elemen lain yang membuat rumah ini menciptakan proporsi yang megah dan elegan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *