Desain Arsitektur Rumah yang Populer Dari Masa ke Masa

Desain Arsitektur Rumah yang Populer Dari Masa ke Masa

Gaya desain arsitektur rumah telah berkembang dari masa ke masa. Bermula dari permasalahan manusia yaitu kebutuhan akan tempat tingal yang kondusif, arsitektur rumah tidak hanya mengenai bangunan untuk melindungi penghuninya, tapi juga meliputi visual dan keindahan fasad rumah itu sendiri.
Desain arsitektur rumah berbeda dari masa ke masa, bukan hanya dipengaruhi oleh zaman sebuah rumah dibangun, ciri khas era juga mencakup selera dari pemilik rumah.

1. Gaya Arsitektur Rumah Mediteranian

desain arsitektur rumah

Gaya arsitektur ini cenderung diaplikasikan pada wilayah tropis dengan cuaca panas dan paparan sinar matahari sepanjang tahun. Terinspirasi dari gaya arsitektur Spanyol, Itali, dan Portugal, arsitektur rumah ini mulai diperkenalkan pada tauhn 1918 mulai populer di tahun 1940. Elemen utama dari rumah ini adalah atap keramik berwarna merah yang terinspirasi dari arsitektur Spanyol dan Meksiko.

2, Gaya Arsitektur Rumah Kontemporer

desain arsitektur rumah

Gaya arsitektur rumah yang satu ini berkembang pada abad ke-21. Tidak ada satu gaya yang dominan, gaya arsitektur kontemporer memiliki berbagai variasi gaya sesuai dengan keinginan dan kreatvitas sang arsitek.
Memanfaatkan teknologi termutakhir, bangunan dengan gaya arsitektur rumah kontemporer cenderung lebih kokoh dan kuat terhadap cuaca dibanding rumah dari abad ke-20. Dengan bantuan komputer, setiap detail dari konstruksi bangunan dapat dibangun secara akurat dan cepat.

3. Gaya Arsiteltur Rumah “Mid-Century

desain arsitektur rumah

Arsitektur rumah Mid Century merupakan model rumah yang didesain dan dibangun pada tahun 1945 sampai tahun 80an. Arsitektur ini pada awalnya diyakini dapat menjadi salah satu solusi untuk menciptakan perubahan sosial yang berujung pada lingkungan masyarakat yang lebih baik.

4. Gaya Arsitektur Rumah American Craftman

desain arsitektur rumah

Pertama kali diperkenalkan ke Amerika Serikat oleh firma arsitektur Greene dan Greene, arsitektur rumah Craftman memiliki keunikannya sendiri, yaitu nilai estetika yang diiringi dengan fungsi, penggunaan bahan baku alami, dan detail bangunan yang sangat rinci.

5. Gaya Arsitektur Rumah “The Colonial

the colonial

Arsitektur rumah The Colonial adalah salah satu gaya arsitektur rumah yang paling populer di Amerika Serikat. Gaya arsitektur rumah ini merupakan adaptasi dari pengaruh Eropa pada abad ke 18. Pada masa tersebut, banyak masyarakat Eropa yang bermigrasi dan membangun rumah dengan arsitektur dari Eropa, yang disesuaikan dengan kondisi lingkungan serta cuaca di Amerika Serikat.
Ciri-ciri dari arsitektur rumah ini yang pertama adalah berbentuk simetris atau persegi dengan karakteristik pintu masuk rumah berada di tengah bagian depan rumah. Arsitektur rumah The Colonial juga meli[uti dua jendela pada sisi kiri dan kanan dari pintu masuk, dengan beberapa jendela pada lantai dua dan satu jendela besar tepat di atas pintu masuk.

Sumber: 10 desain arsitektur rumah terpopuler yang harus kamu tah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *