Desain Dapur Kecil Minimalis Ukuran 2×2

Desain Dapur Kecil Minimalis Ukuran 2×2

Ukuran dapur yang mungil memang menjadi tantangan tersendiri dalam mendesainnya. Desain dapur kecil minimalis yang nyaman dan cantik.
Meski begitu, mempercantik dapur tidak selalu harus mengeluarkan banyak uang.
Inilah ide desain dapur minimalis kecil yang bisa kamu tiru dirumah.

1. Memaksimalkan Ruang Vertikal

desain dapur kecil minimalis

Dengan panjang dan lebar terbatas, ototmatis anda harus dapat memaksimalkan ruang-ruang vertikal yang tersisa. Seperti desain dapur ukuran 2×2 m ini. Unit rak gantung ditempatkan di atas, menempel kuat dengan dukungan pengait di langit-langit.
Meskipun sempit, dapur ini terlihat lega karena elemen warna dan pencahayaan yang digunakan benar-benar tepat. Terdapat sejumlah kabinet penyimpanan untuk menyembunyikan perkakas, sehingga dapur selalu tampak bersih dan rapi.
Area dapur sengaja dibuat cerah. Sementara, nuansa disekitarnya lebih gelap. Hasil dari metode finishing kayu meniru warna kayu mahoni yang merah tua kecokelatan. Ini membuat area dapur tampak lebih menonjol dibandingkan dengan sekelilingnya.

2. Sudut Mewah di Rumah

desain dapur kecil minimalis

Sudut berukuran 2×2 meter persegi cukup untuk menempatkan seperangkat dapur mewah. Lihatlah bentuk dapur model L pada gambar ini, ruangan di dalam sudut sempit yang menyembunyikan harta karun berharga di jantung rumah.
Tampilannya begitu sederhana lewat pilihan warna-warna lembut dan netral. Backplash pada sandaran meja dapur diperkaya lewat motif padat namun lembut. Seperti yang tampak pula pada lantai, hanya saja dengan kontras yang berbeda.
Secara keseluruhan, dari jauh terlihat bahwa dapur ini didesain modern minimalis. Bentuk kabinet dan kitchen set-nya ringkat, pun dengan pilihan warna netral yang elegan. Meskipun begitu, dapur ini sedikit lebih atraktif daripada ruangan lain di sekitarnya.

3. Abu-abu Mungil yang Manis

desain dapur kecil minimalis desain dapur kecil minimalis

Masih dalam tone warna bertema abu-abu. Corak yang satu ini sering diasosiasikan dengan nuansa dingin dan bimbang, karena sifatnya yang berada di antara gelap dan terang. Namun, dapur ini dihangatkan dengan elemen logam mulia pada gagang pintu kabinetnya.
Selain itu, sejumlah pernak-pernik berbahan kayu juga berperan sama, yakni menjadi unsur penghangat ruangan. Jadi, ruangan ini tidak terlalu kaku meski seluruh permukaan elemen dapur bernuansas dingin.
Meja dan tempat duduk untuk sarapan dan minum kopi juga berada persisi di samping kabinet. Ukurannya pun kecil, tetap dilengkapi dengan papan ekstensi yang bisa dibongkar pasang secara instan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

4. Panel-panel Kayu Sepenuhnya

panel papan kayu

Lagi-lagi, dapur memanfaatkan sudut kosong tak terpakai di rumah. Pemilik rumah membuat dapur terbuka di ruang tengah, tepat di samping area bersantai keluarga. Meski ukurannya kecil, dapur ini memiliki fitur-fitur cukup lengkap.
Ada meja untuk mengolah masakan, lemari penyimpanan bahan makanan, meja sarapan dan mini bar, serta elemen dekoratif yang melengkapi kecantikan ruangan ini. Fitur lengkap tersaji di ruangan yang tampilannya begitu sederhana, menyesuaikan area di sekitarnya.
Semua komponen dapur terbuat dari kayu, kecuali sepasang bangku setinggi dan alat penghangat makanan di belakang. Panel-panel kayu itu motifnya beragam, tersusun apik dengan dukungan lampu-lampu penegas di berbagai sudut.

5. Sederhana dan Cantik

desain dapur kecil minimalis

Dapur sudut terbuka dan menyala karena terpapar sorot lampu di langit-langit. Backspalsh pembatas meja yang bermotif kayu pun dipercerah dengan nyala lampu LED di sepanjang sudut tersembunyi di bawah kabinet bagian atas.
Dekorasi dapur yang ringan dan sederhana malah berhasil membuat tampilannya memukau, sekaligus anggun dan menggoda. Pemadangan di dapur ini tampak begitu bersih dan rapi. Benar-benar menampilkan kesederhanaan yang cantik.

6. Dapur yang Tenggelam

dapur tenggelam

Dapur super minimalis. Bahkan tampilannya seperti tak kasat mata, tenggelam di antara warna monokrom yang diterapkan di seluruh permukaan komponennya. Mulai dari dinding samping kabinet, langit-langit hingga meja dapur, semuanya sama.
Bahkan, pemilik rumah sengaja tidak memesan pintu kabinet yang bergagang, demi menampilkan kesan polos di seluruh ruangan. Sebuah pukulan ringan akan diperlukan untuk membuka pintu-pintu ini.

7. Dapur Bergaya Industrial

dapur industrial

Belakangan, desain bergaya industrial cukup populer di ranah arsitektur interior. Sering ditemukan pada ruangan-ruangan kafe dan gerai kuliner kekinian di kota besar, tampilannya mewakili kerja keras kaum proletar.
Jika anda belum mengetahui bagaimana desain bergaya industrial, silahkan cermati gambar di atas. Disitu, anda akan menemukan bentuk dapur yang unik dan cukup kompleks. Unik, karena menerapkan warna hitam yang tak lazim serta motif dinding yang berani.
Sejumlah unit lampu menyoroti dinding, berikut area penting lain di dalam dapur. Sekat-sekatnya dibuat cubicle, seperti ruang kantor jajaran petinggi pabrik di industri manufaktur. Panel kaca bening dimanfaatkan untuk menyerap cahaya lebih dari sekelilingnya.

8. Dapur Modern Futuristik

dapur modern futuristik

Dengan aplikasi yang tepat, dapur mungil pun dapat menampilkan kesan modern yang futuristik. Terapkan warna putih di seluruh permukaan cabinet dengan aksen penghangat dari rak ambalan yang bermotif kayu, plus dukungan peranti dapur berwarna gelap.
Ketiganya menjadi unsur utama di dapur ini. Item lain cuma berfungsi sebagai pemanis, meski peran sorot lampu juga tak bisa disepelekan. Bahkan, teknik penerangan inilah yang membuat tampilan dapur ini bakal tetap tak ketinggalan zaman sampai seratus tahun lagi.

9. Minimalis Memanjang

minimalis memanjang

Minimalis hitam dan putih, desain dapur kecil ukuran 2×2 m berikutnya memanfaatkan panjang ruangan untuk menempatkan berbagai perabot didalamnya. Tampilan globalnya sederhana memakai empat unsur corak, hitam dan putih polos, serta motif kayu dan logam.
Ruangan ini juga menaungi sebidang area untuk penyajian dan menyantap masakan. Terdiri dari meja berkaki satu dari papan partikel, sepasang kursi hitam bergaya kontemporer, serta penerangan dari lampu gantung dengan bingkai berbentuk mangkuk terbalik.

10. Motif Papan Catur

motif papan catur

Lantai bermotif papan catur tidak pernah ketinggalan zaman. Anda bisa menerapkannya pada ruangan mana saja dan motif ini masuk akan cocok. Tentunya, dengan pilihan warna interior dan perabot yang sesuai dengannya.
Di sini pemilik dapur menciptakan nuansa cerah lewat desain yang sepenuhnya putih dengan tambahan motif papan catur yang atraktif pada lantai dapurnya. Kabinet mendapatkan sentuhan harga lewat countertop berbahan kayu dan gagang pintu logam.
Dapur mungil ini tampak sederhana, cocok diterapkan untuk ruangan berukuran 2×2 meter persegi. Dimensi tersebut masih menyisakan cukup ruang jika ingin menempatkan lemari es berukuran jumbo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *