Desain Eksterior Rumah untuk Hunian Sehat

Desain Eksterior Rumah untuk Hunian Sehat

Pola hidup sehat sangatlah penting untuk dilakukan oleh semua orang. Selain rutin berolahraga dan konsumsi makanan sehat, desain interior dan eksterior hunian pun harus mampu mengoptimalkan pola hidup sehat yang kamu terapkan.

Ada banyak sekali elemen yang harus kamu perhatikan. Terlebih, Indonesia merupakan negara beriklim tropis dengan kondisi tingkat kelembapan yang tinggi sehingga kamu harus memaksimalkan potensi lingkungan dan eksterior rumah agar selalu nyaman dan tidak mempengaruhi kesehatan.

Berikut kamu akan berikan elemen-elemen penting pada desain eksterior yang bisa kamu optimalkan untuk menciptakan rumah sehat.

  • Jumlah bukaan memadai untuk kelancaran sirkulasi udara

Jendela merupaka elemen eksterior penting karena berperan sebagai jalur keluar udara kotor dari rumah yang digantikan dengan masuknya udara bersih ke dalam rumah. Dalam merancang hunian, idealnya setiap ruangan seperti ruang tamu, dapur, hingga kamar tidur dilengkapi dengan jendela supaya sirkulasi udara berjalan lancar.


Mengingat banyak sekali jenis penyakit yang ditularkan secara mudah lewat udara, tentunya ketersediaan jumlah jendela yang memadai pada eksterior rumah bisa menghindarkan penghuni rumah terserang dari penyakit.

  • Optimalkan sirkulasi dengan roster yang menawan

Supaya sirkulasi udara dan cahaya lebih optimal, kamu bisa memasang lubang angin atau roster pada bagian eksterior rumah, seperti pada fasad ataupun pagar. Tidak sekedar berperan sebagai dekorasi yang estetik, roster pada eksterior dapat membuat hunian terhindar dari lembab dan pengap.


Agar tampilan eksterior hunianmu tampil menawan, kamu bisa memilih roster dengan bentuk yang disesuaikan menurut konsep eksterior yang ingin kamu tonjolkan. Bahkan, dinding roster pun tersedia dari berbagai material yang kamu pilih sesuai selera dan anggaran, mulai dari roster beton, batako, tanah liat, keramik, kayu, hingga GRC.

Sumber: Desain eksterior rumah bagi hunian sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: