Desain Rumah Cluster Tanpa Pagar yang Sedang Nge-Tren

Desain Rumah Cluster Tanpa Pagar yang Sedang Nge-Tren

Dalam beberapa tahun ke belakang, pembangunan besar-besaran rumah sistem cluster yang dilakukan pengembang membuat model rumah satu ini semakin tren. Tidak hanya di pulau jawa, kota-kota besar di pulau lain pun mulai berlomba mendirikan perumahan dengan desain rumah cluster.


Rumah cluster adalah sekelompok bangunan perumahan yang dibangun dengan konsep serupa, namun tidak dilengkapi pagar. Untuk sistem keamanan biasanya pengelola (dalam hal ini pengembang) membuat satu gerbang utama sebagai pengontrol keamanan. Biasanya para penghuni tidak dibenarkan mengubah desain rumah termasuk mengubah bagian depan atau menambahkan pagar pribadi. Meski kondisi ini memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan, tidak ada salahnya menjatuhkan pilihan hunian anda pada model rumah cluster. Sebagai referensi, berikut kami berikan beberapa model rumah cluster terbaru.

  • Rumah Kecil At Ozone Residence

Perumahan yang berdiri di lahan terkecil Ozone Residence di daerah bintaro ini dibangun dengan anggaran terbatas dan lahan yang kecil. Keterbatasan lahan membuat konsep cluster paling pas digunakan. Dengan lebar hanya 6 meter, pengembang masih bisa memberikan ruang untuk taman kering sekaligus ventilasi. Rumah satu dengan rumah lainnya juga tetap masih memiliki jarak.

  • Rumah Bima

Rumah bima adalah salah satu tipe rumah yang ada komplek Amerta Palma yang ada di malang. Dengan menerapkan konsep cluster tanpa pagar. Rumah bima adalah rumah minimalis yang akan memuaskan anda meski dengan lahan kapling yang kecil. Rumah bima didirikan oleh pengembang di atas tanah seluas 8×11 meter. Konsep Void yang digunakan pada desain ruang makannya memberikan kesan luas seolah lantai atas dan lantai bawah bersatu. Selain itu, Void juga membuat sirkulasi udara menjadi lebih baik.

  • Rumah Bogor

Rumah bogor yang minimalis ini tetap memberikan ruang untuk taman mungil sebelum pintu masuk. Dengan menonjolkan warna-warni alami yang lembut. Rumah bogor bisa menjadi inspirasi untuk cluster hunian anda.

  • Rumah Putih

Jika ingin tampak depan rumah anda lebih luas, alih-alih memanjang, model cluster rumah putih ini bisa menjadi ide bagus untuk hunian anda. Pintu depan dibagi menjadi dua bagian: untuk garasi mobil dan pintu masuk.
Dominasi warna putih pada interior dan eksterior tentu membuat desain rumah anda tidak akan pernah ketinggalan zaman.

  • Senggigi Garden

Seperti namanya, senggigi garden tampil dengan nuansa hijau di sekelilingi dan di tengah-tengah perumahannya. Setiap unitnya didesain secara minimalis dengan warna cokelat tua dan muda yang mendominasi. Untuk mendukung suasana hijau, di halaman masing-masing rumah dilengkapi dengan taman kecil.

Sumber: 8 desain rumah cluster tanpa pagar yang sedang nge-hits

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: