Desain Rumah Gaya Rustic Sederhana

Desain Rumah Gaya Rustic Sederhana

Desain Rumah Gaya Rustic Sederhana dengan Material Alami

Desain rumah mewah tidak harus menunjukkan penampilan yang glamour dan gemerlap, serta menghabiskan biaya yang sangat mahal untuk dekorasi. Sebab, untuk mendapatkan kemewahan, tidak harus menggunakan material-material yang mahal, anda juga dapat memiliki rumah dengan suasana dan penampilan yang mewah dengan desain rumah gaya rustic.

Definisi kemewahan bisa berbeda dari setiap orang, banyak aspek yang mempengaruhi cara pandang seseorang mengenai kemewahan. Namun, secara umum dapat disimpulkan, bahwa kemewahan merupakan tampilan yang nampak indah, sesuatu yang nampak melimpah, mahal dan berkelas. Anggapan tersebut tidak salah, namun juga tidak sepenuhnya benar, sebab kita semua juga dapat merancang sebuah kemewahan dengan anggaran yang terbatas.

Bahan-bahan alami seperti kayu, rotan, bambu, batu serta beragam aksesoris pelengkap lainnya, mampu membuat tampilan mewah pada hunian anda. Dengan desain dan dekorasi yang sesuai, anda mampu menghadirkan kemewahan dari unsur-unsur alami tersebut. Hal ini membuktikan bahwa kemewahan tidak melulu harus mahal, dan kesederhanaan alami adalah juga kemewahan bagi beberapa orang.

Seperti Apa Desain Rumah Gaya Rustic?

desain rumah gaya rustic

Gaya rustic merupakan konsep desain yang memiliki karakteristik penggunaan secara massif perabotan dan furnitur dengan tekstur kasar. Rustic sendiri memiliki arti tua dan berkarat, dan sangat menitik beratkan penggunaan besi, logam serta bahan-bahan yang alami.

Desain Rustic, bermula di era Romawi Renaisans yang lebih fokus pada finishing fasad menggunakan material bebatuan kasar dan tampilan kontras. Pada abad ke-18, gaya rustic yang unfinished dan bertekstur kasar mulai diaplikasikan pada material kayu yang dilapisi pasir hingga menyerupai batu. Ide rustic pun kemudian semakin berkembang. Saat ini gaya rustic menjelma menjadi salah satu gaya interior dan eksterior rumah yang menampilkan kesan unik, khas dan juga mewah.

Lantai & Dinding Kayu

desain rumah gaya rustic

Untuk menciptakan ruang ala rustic di dalam rumah, anda dapat menggunakan kayu sebagai material utama untuk lantai dan dinding. Elemen kayu memberikan kesan hangat dan nyaman, sehingga membuat ruangan terasa sangat inviting dan juga homey.

Baca juga: rumah gaya rustic modern yang alami

Saat ini, seiring perkembangan gagasan desain interior, penggunaan kayu sebagai material lantai atau dinding merupakan saat kemewahan, mengingat biaya untuk menggunakan elemen interior dan arsitektur ini terbilang cukup mahal, sehingga secara umum kayu bisa juga melahirkan kemewahan. Namun, penggunaan elemen kayu terbilang cukup murah jika dibandingkan denganmaterial-material lainnya, seperti marmer dan granit.

Pilihan Sofa

 

desain gaya rumah rustic

Lengkapi kenyamanan ruang tamu atau ruang keluarga dengan kehadiran sofa yang memiliki warna-warna hangat, seperti putih, abus-abu, krem dan coklat muda. Percantik sofa dengan tambahan bantal-bantal sofa bernada serupa. Juga tambahkan meja atau coffe table kayu rustic persis di bagian tengah sofa untuk melengkapi kebutuhan seperti menyimpan makanan dan minuman.

Elemen Bebatuan

desain gaya rumah rustic

Batu-batuan memberikan kesan alami serta sejuk pada ruangan. elemen bebatuan sangat tepat untuk memberi keseimbangan desain dari penggunaan secara dominan material kayu. Kedua material ini mampu melahirkan suasana ruang yang penuh kelembutan dan kehangatan, khas ruangan-ruangan dengan desain klasik yang mewah.
Anda juga dapat menggunakan bebatuan sebagai material pada dinding. Tak perlu menggunakan batu pada keseluruhannya, anda dapat menghadirkannya pada salah satu bagian atau sisi saja.

Pilihan Aksesori

ruang makan

Untuk mempercantik ruangan ala rustic, pajanglah hiasan bertema floral seperti bunga di beberapa sudut ruang, anda dapat menggunakan bunga hidup maupun bunga artifisial sebagai pilihan elemen dekoratif ruang atau aksesori interior.
Penggunaan lampu juga mampu menghadirkan suasana rustic yang kuat. Pilihlah desain lampu yang nampak tua dengan material kayu asli tanpa proses finishing.

Untuk lebih menciptakan kesan dramatis, anda dapat mencoba menggunakan lampu sorot. Tempatkan lampu sorot tersebut ke bagian atas sehingga menghasilkan pencahayaan yang tidak begitu terang, sedikit remang dan terasa sangat nyaman. Senyaman rumah-rumah gaya klasik yang mewah.

Mau mendapatkan Materi dan Info Penting lainnya mengenai buku arsitek jago proyek dan info penting lainnya silahkan gabung di channel Telegram sharing Jagoproyek inijoin telegram

jagoproyek.com – rumah3desain.id
Jl. H. Gedad No. 85  Kel. Paninggilan Utara, Ciledug. Tangerang – Banten 15153
Phone : 0817-7414-2291
Email :  admin@jagodesainproyek.com