Desain Rumah Minimalis Sederhana

Desain Rumah Minimalis Sederhana

Rumah minimalis bukanlah sesuatu yang baru di dunia properti. Hampir semua developer real-estate menggunakan desain rumah minimalis sebagai inspirasi arsitektur produk-produk propertinya. Tingginya harga tanah dan bangunan khususnya di daerah DKI Jakarta membuat developer properti ‘memutar otak‘ untuk membuat rumah yang sempit menjadi terkesan besar dan lapang. Hal tersebut membuat rumah minimalis semakin digemari developer dalam perkembangan produknya.
Design rumah minimalis menjadi inspirasi bagi banyak masyarakat. Banyak orang yang ‘latah‘ ingin memiliki rumah minimalis karena mengikuti perkembangan zaman. Persepsi masyarakat adalah semua rumah yang baru dibangun adalah rumah minimalis. Padahal tidak semua rumah yang ditawarkan developer berkonsep minimalis.
Berikut adalah ciri-ciri desain rumah minimalis:

1. Arsitektur Simple dan Geometris

desain rumah minimalis

Rumah berdesain minimalis memiliki beberapa ciri-ciri. Salah satu ciri yang dapat dilihat dari desain rumah minimalis adalah bentuknya yang sederhana. Rumah tersebut tidak memiliki banyak ornamen. Biasanya desain eksterior rumah minimalis hanya didominasi oleh guratan garis-garis yang geometris.
Tidak seperti rumah berdesain klasik yang didominasi oleh pilar-pilar besar berwarna emas, rumah minimalis bahkan tidak memiliki pilar. Bentuknya hanya didominasi oleh bentuk kubus atau persegi panjang. Atap dari rumah minimalis hanya miring dan rata. Tidak seperti atap genting berbentuk segitiga atau trapesium. Hal menarik lainnya adalah terkadang rumah minimalis tidak memiliki atap genting. Hanya berupa dak plafon yang dicor rata yang bagi sebagian pemiliki properti dijadikan rooftop.

2. Detail Eksterior Sederhana Tanpa Ornamen Berlebih
Apakah anda memperhatikan bahwa desain eksterior rumah zaman sekarang semakin sederhana? Kebanyakan dari rumah-rumah tersebut hanya memiliki ornamen garis atau tekstur yang simetris. Suatu hal yang sangat sederhana dibandingkan dengan desain rumah yang pernah berjaya zaman dulu, lengkap dengan pilar-pilar besar atau ornamen batu alam lainnya. Jika anda menyadari hal tersebut, maka anda telah mengetahui ciri-ciri rumah minimalis selanjutnya.
Eksterior pada rumah minimalis sangat sederhana. Biasanya hanya dihiasi ornamen garis simetris atau hanya polos tanpa ornamen. Tingkat kemudahan dalam proses pembangunan, biaya pembangunan yang lebih terjangkau serta perawatan yang mudah adalah hal utama yang menjadi faktor pertimbangan. Alasan tersebut yang menyebabkan desain rumah minimalis tanpa sederhana namun tetap elegan.

3. Berwarna Cerah Namun Monotone
Rumah minimalis juga dapat dilihat dari pemilihan warna yang diterapkan. Rumah dengan gaya minimalis hanya didominasi oleh cat dengan warna cerah tapi monotone seperti putih, abu-abu, cream, dan hitam. Penerapan warna tersebut sangat berpengaruh pada kesan luasnya bangunan, Warna cerah tersebut juga memberikan kesan elegan dan clean.
Anda disarankan untuk tidak mengaplikasikan warna cerah selain warna monotone. Penerapan warna cerah lain seperti pink atau blue sky sebenarnya sah-sah saja. Hanya saja, hal tersebut mengurangi kaidah dari desain rumah minimalis. Jika anda tetap ingin mengaplikasikan warna tersebut pada rumah anda, sebaiknya hanya dilakukan pada interior kamar pribadi anda sesuai tema yang anda sukai. Artinya, warna eksterior dan interior utama seperti ruang tamu dan ruang makan tetap didominasi oleh warna monotone.

4. Tata Ruang Sederhana
Ide sebuah rumah berdesain minimalis adalah untuk memaksimalkan lahan yang kecil agar tampak lega. Tata ruang bangunan juga dibuat sederhana dan multifungsi. Terdapat banyak ruang terbuka yang meminimalisir dinding pada interior serta memaksimalkan ruang yang kecil semaksimal mungkin. Pada dasarnya, desain tata ruang dibuat tanpa mengurangi keleluasaan ruangan.
Pada rumah minimalis, biasanya ruang tamu dan ruang makan berada bersebelahan dan tanpa ada sekat khusus. Sekat baru ditemui untuk pemisah kamar tidur dan kamar mandi. Tak jarang, jika tidak ada sekat untuk pemisah dapur. Namun ada beberapa pemilik properti yang menempatkan dapur terbuk yang langsung conecting dengan taman belakang rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *