Desain Tangga Rumah Minimalis yang Elegan

Desain Tangga Rumah Minimalis yang Elegan

Faktor penting untuk melengkapi desain rumah minimalis adalah memanfaatkan trik desain tangga rumah minimalis. Selain sebagai penghubung antara tiap lantai pada rumah bertingkat, tangga juga berfungsi untuk memperindah interior rumah. Perkembangan properti yang pesat saat ini juga disertai dengan perencanaan matang untuk menciptakan berbagai model tangga minimalis dengan desain yang indah dan unik.

Faktor penting tangga rumah minimalis yang elegan
Sebelum mulai merancang tangga rumah minimalis, ada baiknya jika anda memperhatikan beberapa faktor dalam memilih model tangga rumah minimalis sehingga anda akan mendapatkan hasil yang tepat dan sempurna. Berikut adalah tips memilih tangga yang tepat.

a. Model dan Desain
Tentukan model dan desain tangga rumah minimalis yang ingin anda ciptakan sesuai dengan konsep desain rumah yang anda miliki.

b. Posisi Tangga
Posisi tangga sebaiknya berada di area yang mudah dijangkau dari berbagai sudut rumah sehingga mendukung kelancaran mobilitas pemilik rumah.

c. Keamanan
Harus dilengkapi dengan railing tangga, entah terbuat dari kayu besi. Railing tangga bertujuan untuk mengatisipasi dan menghindari kemungkinan kecelakaan seperti terjatuh dari tangga, terutama pada anak kecil dan lansia.

d. Kualitas anak tangga
Kualitas anak tangga adalah hal penting berikutnya karena akan menentukan ketahanan tangga tersebut. Sebaiknya gunakan bahan bangunan berkualitas agar tangga bisa bertahan lebih lama.

e. Peralatan berkualitas
Gunakan bahan bangunan berkualitas agar tangga bisa bertahan lebih lama. Harga yang sedikit lebih mahal, tetapi berkualitas akan menjamin umur tangga rumah minimalis tersebut.

Trik desain tangga rumah minimalis yang elegan
Berikut ini adalah trik desain tangga rumah minimalis yang elegan dan kreatif yang bisa anda pertimbangkan untuk rumah anda:
1. Variasikan Lebar

desain tangga

Cobalah trik desain tangga rumah yang kreatif ini. Kebanyakan tangga biasanya memiliki lebar anak tangga yang sama. Namun, pertimbangkan untuk membuat tangga dengan lebar yang bervariasi dan terintegrasi dengan rak pada area mezanin untuk menghasilkan pola yang menarik.

2. Berkreasi dengan railing

railing

Tidak ada aturan buku yang menyebutkan bahwa railing tangga harus dipasang sejajar dengan tangga. Tiang-tiang besi vertikal ini menambahkan keamanan railing dan memberikan tampilan visual yang fantastis.

3. Pasang dinding parapet
dinding parapet

Untuk keamanan maksimal, tempelkan tangga dengan dinding pembatas (parapet). Seperti Omah Kawung At Jagakarsa karya Imron Yusuf-ifh Architects, ornamen pada parapet tangga adalah tambahan yang unik dan menjaga agar ruang tangga tidak berkesan sempit.

4. Semi privasi
split

Apabila anda tidak menyukai kesan tertutup pada parapet tangga, anda bisa menonjolkan estetika sekaligus tetap mempertahankan segi keselamatan dengan parapet semi-transparan dari bahan kayu tersebut, atau anda juga bisa menggunakan materail lain seperti baja dekoratif dengan berbagai macam pola yang unik.

5. Tangga split/penguin
split

Anak tangga berselang-seling dirancang untuk menonjolkan kesatuan fungsional, struktur dan bentuk yang sempurna. Berkenaan dengan funsionalitas, tangga split ini terasa nyaman, aman, dan hemat ruang. Sehubungan dengan struktur, bentuk geometri pada anak tangga, memungkinkan struktur terpasang dengan aman pada satu balok utama.
Seperti halnya rumah lengkung at pondok gede hasil karya Akanoma Yu Sing, anda bisa menerapkan model tangga rumah minimalis ini pada rumah anda dengan menambahkan handrail yang terpasang pada dinding sebagai pengaman tambahan.

6. Penggunaan cat
penggunaan warna

Inilah cara mudah dan murah untuk model tangga rumah sederhana dengan menambahkan sentuhan warna pada tangga anda: CAT! ini menambah suasana cerah dan ceria di rumah yang sederhana ini.
Ingin kesan yang lebih unik dan kreatif? Anda bisa mengecat tangga sekaligus dinding dengan warna cerah juga dapat menciptakan ilusi optik dan efek dramatis yang berbeda dari lainnya.

7. Kekayaan material
ribbon-stairs

Pilihlah desain yang tidak lazim untuk tangga anda. Untuk gaya desain tangga rumah minimalis, anak tangga bisa berupa papan-papan horizontal yang bisa dibuat dari berbagai bahan. Balok-balok kayu ini merupakan unsur pelengkap gaya rustic untuk rumah minimalis ini.
Atau pikirkan tangga beton untuk tampilan kontemporer yang tidak lazim.

8. Ilusi gantung
desain tangga rumah

Inilah model tangga lain dengan efek mengambang yang luar biasa, kali ini dengan sentuhan modern, yang disebut ribbon staircase. Setiap tapak memberikan efek pita transparan datar yang berlipat-lipat membentuk anak tangga menuju lantai atas. Tangga ini terikat pada deretan kabel baja penggantung yang tipis namun kokoh.

9. Landing multifungsi
Landing multifungsi

Tambahkan landing tangga yang tak terduga dan menarik, yang berbeda dari kebanyakan tangga lainnya. Pasang laci untuk penyimpanan ekstra atau furnitur multifungsi yang terintegrasi pada landing seperti pada inset house karya delution architect.

10. Ubin geometris
desain tangga rumah

Tambahkan elemen grafis pada anak tangga anda, pilihlah pola yang berbeda untuk membuat perjalanan menaiki tangga menjadi menyenangkan, misalnya pola geometris yang menarik seperti tangga di atas.

Sumber: kreativitas desain tangga rumah minimalis yang elegan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: