Gaya Desain Arsitektur Mid-century Modern

Gaya Desain Arsitektur Mid-century Modern

Mid-century modern adalah gaya arsitektur, interior, produk, dan desain grafis yang umumnya menggambarkan perkembangan abad 20 dalam gaya desain arsitektur modern dan pembangunan perkotaan. Istilah ini digunakan untuk mendeskripsikan gaya desain pada pertengahan tahun 1950-an dan kemudian ditegaskan kembali pada thaun 1983 oleh Greenberg dalam judul bukunya yang berjudul Mid-Century Modern: Future of the 1950s (Random House).

Gaya Desain Arsitektur

Mid-century modern merupakan ide arsitektur yang diciptakan oleh orang-orang yang percaya bahwa gaya desain yang terlihat maju dan berpikir ke masa depan dapat menjadi sarana munculnya perubahan sosial untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik. Gaya rumah yang dibangun antara tahun 1945 hingga 1980-an ini memiliki fitur yang sederhana dan terintegrasi dengan alam.

gaya desain arsitektur

Arsitektur mid-century modern memiliki karakteristik seperti atap datar, rincian sudut, dan tampilan yang asimetris. Penggunaan kaca yang luas dan ruang terbuka yang lebar juga menjadi keunggulan dari gaya hunian ini. Desain mid-century modern memungkinkan suasana luar bangunan terintegrasi ke dalam ruangan.

gaya desain arsitektur

Gaya arsitektur ini diciptakan oleh para arsitek generasi modern yang saat itu hijarah ke Amerika karena munculnya Nazi jerman, seperti Walter Gropius dan Marcel Breuer. Perang dunia II memicu munculnya eksperimen teknologi dan material baru seperti baja dan kayu lapis, yang dimanfaatkan untuk pembangunan setelah perang dunia.

gaya desain arsitektur

John Entenza seorang penerbit dari salah satu majalah paling berpengaruh California Arts and Architecture, memulai program The Case Study House pada 1945, untuk membuat dan menciptakan prototipe jenis perubahan pasca perang yang akan menjadi ikon.
Rumah dengan gaya arsitektur ini memiliki ruang yang luas dan pintu geser kaca besar yang mendorong penghuni rumah untuk keluar rumah dan hidup sehat. Pintu kaca yang besar juga membuat anak menjadi terlibat dengan dunia luar dan berpikiran terbuka karena lingkungan merangsang indra dengan cara yang berbeda.

Nama Fallingwater berasal dari air terjun Bear Run yang mengalir di bawahnya. Desain kanopi yang berani dan mengambang seperti melawan gravitasi di atas air terjun membuat rumah ini semakin mencolik. Rumah ini menjadi sampul majalah Time pada tahun 1938. Fallingwater sekarang terbuka untuk umum sebagai objek wisata.

Sumber: desain mid-century modern

Baca Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *