Ide Kreatif yang Inovatif untuk Desain Skylight

Ide Kreatif yang Inovatif untuk Desain Skylight

Ide kreatif yang inovatif sangat dibutuhkan oleh Arsitektur. Bangunan pintar yang nyaman, fungsional, dan hemat energi pastilah menjadi idaman setiap keluarga.

Salah satu trik cerdik untuk mewujudkan bangunan yang hemat energi adalah dengan pemanfaatan skylight. Keberadaan skylight atau kaca atap atau jendela loteng dalam sebuah bangunan akan sangat bermanfaat. Penghematan energi akan sangat signifikan karena berkurangnya kebutuhan pencahayaan buatan terutama di siang hari.

Selain dari segi ekonomi, dari segi desain, bangunan yang mengikutsertakan skylight dalam desain bangunannya akan memiliki nilai lebih karena unik dan terkesan ‘cerdas‘.
Lalu, apa sja manfaat skylight secara detail? Bagaimana pula desain skylight yang baik?

  • Desain Skylight Ekspos Struktur Kayu
ide kreatif desain skylight

Ide kreatif yang inovatif dan orisinil yang menjadi ciri khas skylight karya Antony Liu + Ferry Ridwan/Studio TonTon adalah bentuk dan bahan yang digunakan dalam desain skylight. Bentuk skylight menyerupai atap segitiga yang terbentuk dari ekspos struktur kayu yang sudah dihaluskan. Cahaya alami yang masuk melalui sela-sela kayu tidak hanya membuat area di bawahnya menjadi terang, namun juga mendapat efek garis-garis bayangan cantik yang meneduhkan dan memperkuat kesan minimalis, sekaligus membuat rumah semakin tampak jelas.

  • Desain Skylight Ekspos Struktur Baja
ide kreatif desain skylight

Masih dengan konsep yang sama. Antony Liu + Ferry Ridwan/Studio TonTon menggunakan baja dan kaca sebagai bahan tap skylight. Ukuran skylight memang terbilang cukup besar karena sebenarnya Antony Liu + Ferry Ridwan/Studio TonTon mendesain atap multifungsi, sebagai pelingdung rumah dari panas dan hujan, dan sebagai skylight yang memandikan rumah dengan cahaya alami yang menyehatkan.

  • Desain Skylight Bergaya Industrial
ide kreatif desain skylight

L+L House mengusung konsep industrial minimalis dengan didukung keindahan blok beton pada dinding serta bar grating anak tangga dan skylight. Skylight yang berada di atas ruang tangga sangatlah tepat untuk mengfungsikan area yang sering kali tersia-sia ini menjadi sumber cahaya alami.

  • Desain Skylight dengan Permainan bentuk Geometris
ide kreatif desain skylight

Pada IS House, Antony Liu + Ferry Ridwan / Studio TonTon mendesain skylight dengan ide kreatif yang berbeda. Untuk memperkuat kesan minimalis sambil tetap mengusung konsep ‘bangunan pintar’ dengan pencahayaan alami yang menyehatkan, desain skylight dibuat dengan permainan bentuk geometris. Kotak-kotak geometris diposisikan sedemikian rupa untuk mengarahkan cahaya matahari ke arah yang diperlukan, dengan tetap memperhatikan keindahan desain interior. Dinding dan langit-langit yang didominasi putih menjadi semakin berkilau bermandikan cahaya alami yang menerangi dan menonjolkan keindahan marmer dan kealamian lantai kayu pada kamar mandi IS House.

  • Desain Skylight ‘sumur cahaya’ Beton
ide kreatif desain skylight

Desain skylight hasil ide kreatif dan orisinil RAW Architecture mampu menerangi seluruh lantai di rumah Bare Minimalis. Selain sisi barat, rumah ini memiliki bukaan disetiap sisinya untuk pencahayaan dan penghawaan alami, Bare Minimalis tidak memiliki area penerimaan (ruang tamu), ruang keluarga, maupun dinding untuk menciptakan ruang yang lebih lega dan memperluas area penyebaran cahaya alami.

Sumber: desain skylight yang membuat rumah minimalis anda bermandikan cahaya alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: