Tips Memilih  dan Menghitung Anggaran Jasa Desain Rumah Online

Tips Memilih  dan Menghitung Anggaran Jasa Desain Rumah Online

Tips Memilih  dan Menghitung Anggaran Jasa Desain Rumah Online

Memilih Jasa Desain Rumah Online harus melalui beberapa pertimbangan yang sangat matang, karena asal pilih jasa bisa fatal akibatnya. Anda pernah dengar berita tentang uang proyek yang dibawa kabur oleh perusahaan penyedia jasa desain interior rumah ? Agar hal tersebut tidak terjadi pada anda, perhatikan tips di bawah ini.

  1. Pahami Ekspektasi

Ketika akan memilih jasa desain dan bangun rumah, hal yang pertama kali harus anda pahami adalah ekspektasi anda sendiri. Mengapa demikian? sebab, dalam hal rancang bangung, terlebih rumah tinggal, ekpektasi pemilik bangunana merupakan faktr penting yang harus menjadi perhatian.

Anda tidak ingin bukan jika nantinya hasil bangunan tidak sesuai dengan harapan? Oleh sebab itu pahami ekspektasi anda terlebih dahulu. Coba tanyakan pada diri anda, rumah seperti apa yang ingin anda miliki, desain seperti apa yang anda impikan selama ini.

  1. Pilih Penyedia Jasa yang Reputasinya Baik

Nah, kalau anda sudah punya gambaran, sekarang saatnya anda melakukan survei jasa desain renovasi rumah, lakukan secara online atau offline. Dalam mencari jasa rancang bangun, anda harus memperhatikan beberapa hal, seperti halnya reputasi dan pengalaman jasa yang akan anda tunjuk.

Tanyakan pada rekan anda yang pernah menggunakan jasa mereka, atau tinjau testimoni yang ada di website ada media perusahaan tersebut. Perhatikan jam terbangnya, karena lama jam terbang yang dimiliki oleh sebuah perusahaan jasa desain arsitek rumah, sangat mempengaruhi reputasi perusahaan.

  1. Pilih Penyedia Jasa yang Sistem dan Kredibilitasnya Jelas

Setelah melakukan survei terhadap beberapa jasa desain rumah online, jangan langsung putuskan untuk bekerja sama. Terlebih dahulu, anda harus memastikan sistem kerja dan kredibilitas perusahaan yang akan ditunjuk sebagai perusahaan pelaksana dan penanggung jawab pekerjaan.

Sistem dalam hal ini maksudnya adalah kontrak kerjasama yang dibuktikan dengan dokumen hitam di atas putih, bukan lisan saja. Dengan adanya perjanjian hitam diatas putih, misal di kemudian hari ditemukan hal yang tidak sesuai kontrak, anda berhak memprotes.

Oleh sebab itu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebelum sah menandatangani kontrak, benar-benar perhatikan kredibilitas perusahaan. Jangan buru-buru memutuskan, terlebih jika anda hanya tahu informasi tentang perusahaan tersebut melalui media online. Agar tidak ragu, kunjungi kantor fisiknya dan tanyakan detail informasi yang anda butuhkan.

  1. Tinjau Portofolio

Eits, datang ke kantor fisik aja ternyata tidak cukup untuk segera join dengan mereka loh, anda perlu melakukan peninjauan portofolio.  Kenapa? Karena biasanya di dalam sebuah perusahaan jasa desain, terdapat lebih dari satu desainer atau perancang bangunan.  Tanyakan detil portofolio yang mereka sediakan, seperti desainer mana yang merancang, harganya berapa, intensitas waktu kerjanya berapa lama.

Jika tertarik pada salah seorang desainer/perancang bangunan, katakan dan konsultasikan kepada pihak penyedia jasa gambar renovasi rumah yang akan digunakan. Jika perlu, mintalah dipertemukan dengan perancang yang diminati, agar anda benar-benar bisa memastikan bahwa, “inilah yang selama ini saya cari”.

  1. Terbukalah Mengenai Anggaran

Terbuka perihal anggaran bukanlah hal yang tabu di dunia rancang bangun, jadi bicarakan kepada penyedia jasa berapa anggaran yang tersedia. Anda malah salah jika tidak memberitahukan anggaran dana yang disiapkan sebab, itu nanti akan berkaitan dengan keberlangsungan renovasi yang dilaksanakan.

Pun juga, anda perlu memastikan bahwa perusahaan penyedia jasa dekorasi interior rumah yang akan ditunjuk transparan/ terbuka dengan kebutuhan anggaran. Hal ini untuk mengantisipasi terjadinya penyelewengan dana oleh pihak yang ditunjuk sebagai jasa penyelenggara renovasi rumah. Oleh karena itu, kedua belah pihak (anda dan penyedia jasa) harus saling terbuka terkait anggaran dana renovasi.

CARA MENGHITUNG HARGA JASA DESAIN RUMAH

Penting untuk tahu hal ini ! Biasanya penyedia jasa gambar rumah minimalis/ jasa renovasi rumah hanya menetapkan tiga pilihan harga. Pilihan tersebut didasarkan pada, ukuran rumah yang akan didesain/ direnovasi biasanya harga yang ditawarkan per meter persegi. Harga berdasarkan persentase nilai proyek yang akan dijalankan,biasanya berkaitan dengan material, dan berdasarkan gambar bangunan.

  1. Jasa Per Meter Persegi

Cara yang pertama ini merupakan cara yang paling banyak diterapkan oleh kontraktor dan arsitek yang ada di Indonesia. Umumnya harga yang ditawarkan penyedia jasa desain rumah modern per meter perseginya adalah Rp 100.000 s/d Rp 1000.000 per meternya. Harga tersebut tidak belum tentu termasuk harga desain interiornya.

Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa perbedaan/ range harganya sangat jauh? itu disebabkan oleh beberapa faktor dan penentu utamanya adalah jam terbang. Namun, tidak menutup kemungkinan jika skill arsitek atau kontraktor yang disediakan oleh perusahaan juga menjadi faktor penentu harga jasa tersebut.

Sebatas informasi ! jangan hanya karena menginginkan jasa desain rumah minimalis dengan harga murah, lantas anda memilih kontraktor ala kadarnya. Pilihlah jasa yang sesuai dengan anggaran dengan tetap memperhatikan fasilitas pun juga profesionalitas yang akan diberikan oleh perusahaan jasa penyedia.

  1. Jasa Berdasarkan Persentase Nilai Proyek

Ketika menjalankan suatu proyek, kontraktor atau perusahaan penyedia jasa desain rumah mewah akan menentukan harga proyek sesuai dengan material yang digunakan. Semakin bagus kualitas bahan/ materialnya, maka akan semakin besar biaya jasa yang akan ditawarkan. Ini terjadi karena kontraktor/ perusahaan penanggung jawab proyek akan mengambil biaya jasa dari persentase material yang digunakan.

 

KATEGORI BANGUNAN DALAM JASA DESAIN RUMAH

  1. Bangunan Kategori 1

Bangunan kategori 1 merupakan bangunan yang memiliki tingkat kesulitan, kompleksitas, dan karakter yang rendah. Contoh bangunan kategori satu adalah, asrama, hostel, gudang, bengkel, lahan parkir, dan bangunan tidak bertingkat.

  1. Bangunan Kategori 2

Tingkat kesulitan, kompleksitas, dan karakter pada bangunan tingkat dua masuk dalam kategori kelas menengah. Contoh bangunan kategori 2 adalah, komplek perumahan, apartemen, pabrik, restoran, bioskop, perpustakaan, kantor pelayanan umum, klinik, sekolah, dan tempat perawatan.

  1. Bangunan Kategori 3

Bangunan ini memiliki kompleksitas dan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, berbeda dari tingkatan sebelumnya. Contoh dari bangunan kategori 3 adalah rumah pribadi, hotel, bandara, ruang konser, galeri, istana, monumen, museum sanatorium, dan rumah sakit.

  1. Bangunan Khusus

Jenis bangunan ini merupakan jenis bangunan yang didirikan berdasarkan  dengan Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara. Pembangunannya juga dibiayai oleh pemerintah menggunakan uang anggaran yang sebelumnya telah disepakati oleh lembaga pemerintah.

  1. Bangunan Sosial

Bangunan sosial maksudnya adalah bangunan yang sifatnya non komersial, misal tempat ibadah, panti asuhan, rumah penampungan dan lain sebagianya. Biasanya bangunan tersebut memiliki luas maksimal 250 m2 sampai dengan 36 m2.

Itulah tips memilih jasa desain rumah online, jasa desain rumah minimalis, dan segala informasi lain yang erat kaitannya dengan pembangunan rumah. Jangan sampai menyesal karena telah salah pilih jasa desain rumah. Perhatikan betul detail informasi di atas!