Kenapa Bangun Rumah Perlu Gambar Desain

Kenapa Bangun Rumah Perlu Gambar Desain

Kenapa bangun rumah perlu gambar desain? Ketika saya membaca postingan seseorang di media sosial FB yang mengganggu pikiran dengan opininya, saat ini sudah banyak buku-buku yang memuat contoh-contoh gambar desain, mulai dari model minimalis, tropis, mediterania, hingga klasik.
Juga sudah banyak tukang-tukang bangunan yang ahli dalam menerjemahkan model rumah di atas kertas menjadi bentuk sesungguhnya rumah. Pemilik rumah tinggal pilih saja yang ada di buku-buku tersebut, lalu tunjukan ke tukang.

Katanya lagi, buat apa-apa mahal pakai jasa Arsitek? Produk akhirnya juga sama, hanya beberapa lembar kertas saja!! Akhirnya opini tersebut manual banyak kecaman, terutama dari teman-teman Arsitek. Usut punya usut ternyata opini tersebut berasal dari seseorang yang biasa mengerjakan pembangunan dengan mengandalkan pengalaman, dan tanpa menggunakan gambar rencana dari Arsitek.

Apakah rumah itu akhirnya bisa selesai? BISA, tapi coba anda lihat? Tentunya sudah bisa terbayangkan hasil akhirnya bukan?

Pertanyaannya “apakah rumah yang dibangun itu setelah jadi dan ditempati pemiliknya”, ada rasa nyaman didalamnya? Apa sudah sesuai dengan keinginan pemiliknya? Bisakah mengakomodir seluruh kegiatan yang biasa dilakukan para penghuninya.

Secara fisik memang benar produk akhir seorang desainer Arsitektur berupa beberpa selembar kertas, karena memang itulah media komunikasi yang hingga kini masih banyak digunakan teman-teman Arsitek untuk mempresentasikan karya-karyanya kepada calon klien.

Tahukah anda?
Apa saja yang terkandung dalam lembaran-lembaran kertas tersebut?

Jika anda berada diluar, atau anda tidak bersentuhan langsung dengan konsep gambar desain tersebut tentunya anda tidak akan merasakan apa-apa (tidak berasa). Tapi bagi calon pemilik rumah itu, mereka bisa merasakan bahwa betapa rumah yang ditempati itu benar-benar sudah sesuai dengan keinginanya.

Semakin lengkap dan jelas petunjuk yang diberikan semakin kecil kemungkinan terjadi kesalahan, kekeliruan, kebingungan, coba-coba lalu salah, pemborosan akibat terlalu memaksimalkan faktor keamanan, bahkan kerugian materi akibat bongkar pasang atau perbaikan kesalahan.

gambar kerja

Apa saja yang ada didalam gambar desain?

  1. Gambar Kerja Teknis dan Detail Arsitektur
    Sebagai acuan kerja sehingga pelaksana maupun tukang bangunan dapat dengan mudah dan cepat menerjemahkan gambar kedalam wujud bangunan.
  2. Gambar Model 3D Arsitektur
    Untuk kebanyakan orang yang tidak biasa membaca gambar 2D, adanya model gambar 3D atau gambar perspektif akan sangat membantu dalam memvisualisasikan bentuk atau model bangunan yang akan dibangun.
  3. Gambar Instalasi Auir dan Instalasi Listrik
    Semua instalasi sudah direncanakan dengan baik sehingga tidak ada lagi kebingungan menentukan posisi dan jumlah amatur lampu, jalur distribusinya air bersih, alur pembuangan air kotor, letak septic tank dan resapan.
  4. Gambar Rencana Struktur
    Mulai rencana pondasi, detail pondai, sloof, kolom-kolom praktis, balok, plat lantai hingga ring balok, semuanya terencana dengan jelas sejak awal, baik tertuang dalam gambar denahnya maupun detail-detail yang menyangkut dimensi struktur maupun rencana pembesiannya.
  5. Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB)
    Inilah yang akan menjadi pegangan anda dalam mengontrol pengeluaran biaya, baik untuk pembelian material bangunan maupun untuk membayar pelaksana atau tukang bangunan.

rencana anggaran biaya

Dalam hitungan RAB yang lengkap disertai Bill of Quantity atau kebutuhan pemakaian bahan bangunan. Disini anda bisa mengoptimalkan budget pembangunan dengan membeli kebutuhan material sesuai hasil perhitungan. Berapa sak semen, berapa m³ pasir, berapa jumlah batu bata,dll.

Jika kita simpulkan, kenapa bangun rumah perlu gambar desain yang lengkap?
Desain yang lengkap akan menghasilkan proses pembangunan yang lancar, tanpa masalah yang berarti, tepat waktu, tanpa konflik non teknis dari sisi pemahaman desain, tanpa bongkar pasang, dan sangat-sangat menghemat biaya.

Ingin mendapatkan info tentang proyek maupun kelola proyek, klik link ini =>> jagoproyek
atau kamu ingin konsultasi maupun bertanya-tanya tentang proyek, bisa gabung ke grub telegram jagoproyek, dan kamu akan langsung dibantu oleh Founder jagoproyek!!

join telegram

jagoproyek.com – rumah3desain.id
Jl. H. Gedad No. 85  Kel. Paninggilan Utara, Ciledug. Tangerang – Banten 15153
Phone : 0817-7414-2291
Email :  admin@jagodesainproyek.com