Konsep Desain Mediterania untuk Hunian Minimalis

Konsep Desain Mediterania untuk Hunian Minimalis

Konsep desain mediterania merupakan langgam arsitektur yang lahir dari bangunan-bangunan mediterania masa lalu dan sangat berpacu pada keadaan geografis wilayah mediterania pada saat itu.
Arsitektur mediterania tidak hanya menekankan pada fungsi saja melainkan diseimbangkan dengan kematangan konsep yang menggunakan pilihan bentuk, material, dan warna serta mempertimbangkan dengan kondisi lingkungan sekitar.

konsep desain mediterania

Jenis Desain Mediterania berdasarkan pengaruh peradabannya
Arsitektur mediterania yang berkembang di daratan spanyol cenderung lebih berani dengan warna-warna cerah dan juga pengaplikasian dekorasi mural dan mosaic.

Dekorasi Mural

Mural adalah lukisan yang diaplikasikan sebagai bagian yang integral dari permukaan dinding atau langit-langit. Berbeda dengan konsep lukisan lain, lukisan mural erat kaitanyya dengan seni desain arsitektur sebuah ruang melalui pemilihan warna, desain dan teknik tematis.

Dekorasi Mosaic

Mosaic adalah seni menciptakan gambar dengan menyususn kepingan-kepingan kecil berwarna dari kaca, batu, atau bahan lain yang bisa digunakan untuk menjadi mosaic. Seni ini merupakan sebuah teknik dalam seni dekorasi dan juga merupakan aspek dari dekorasi interior.

baca juga: gambar model rumah mediterani 1 lantai

Keunikan Desain Mediterania
Saat menciptakan Arsitektur dan desain interior mediterania, tentunya ada keunikan dan kekhasan tersendiri dalam sentuhan gaya. Beberapa diantaranya dapat kita uraikan berikut ini:

1. Konsep Vernakuler

konsep desain mediterania

Vernakuler dapat diartikan sebagai gaya yang dirancang dengan mencerminkan kearifan lokal. Maka dari itu, bahan yang digunakan sebisa mungkin bersifat alami dari alam. Misalnya menggunakan genteng merah, dinding dari batu bata merah atau dinding batuan alami yang diplester kasar. Termasuk interior berbahan alamu seperti horizontal blind tradisional berbahan dasar rotan.

baca juga: gaya desain rumah mediterania

2. Pilar dan Lengkungan
Yang khas dari desain mediterania adalah adanya pilar-pilar baik di dalam dan di luar rumah. Selain itu, juga terdapat lengkungan-lengkungan baik pada pintu atau jendela. Lengkungan dan lekukan tidak saja muncul pada bingkai pintu dan jendela, tapi juga para perabot-perabot rumah yang sudut-sudutnya melengkung dan tidak tajam. Misalnya meja makan yang bundar.

3. Furniture
Tema alami memang tema utama dari Mediterania. Oleh karena itu menggunakan perabot-perabot rustic atau furniture klasik yang masih mempertahankan bentuk aslinya seperti di pedesaan, bisa anda gunakan. Selain furniture rustic dengan banyak lekukan, pilih juga warna-warna alami seperti cokelat kayu dan krem. Untuk tampilan kalem dan santai, anda dapat memilih warna netral seperti abu.

baca juga: rumah gaya rustic modern yang alami

4. Karpet dan Lampu Gantung
Karpet dan lampu gantung merupakan dekorasi pada desain mediterania yang tidak pernah luput diterapkan. Lampu gantung merupakan hal yang identik dengan bangunan mediterania. Selain itu, lampu gantung juga dapat menambah kesan elegan pada interior mediterania anda. Sama halnya dengan karpet klasik yang juga menjadi ciri khas interior mediterania. Anda juga dapat memilih karpet dengan warna netral atau warna tanah yang alami.

5. Hiasan Floral & Tanaman Hias
Kedekatan dengan alam pada interior mediterania, juga dapat dimunculkan dengan hiasan floral pada dekorasi anda, atau tanaman-tanaman hias yang sudah menjadi keunikan gaya mediterania. Tidak saja diluar rumah, tapi anda juga dapat menempatkan beberapa tanaman hias di dalam rumah. Selain itu, hiasan floral juga merupakan keunikan dari bangunan mediterania. Anda bisa menggunakan Wallpaper, atau bisa juga hiasan-hiasan tangan bergambar bunga.

Pada dasarnya semangat gaya mediterania adalah bentuk menyelaraskan dengan kondisi alam sekitarnya. Penggunaan bahan bangunan dari alam perlu dipenuhi sebagai ciri khas dari gaya mediterania. Bagi anda yang ingin memilihi hunian konsep desain mediterania bisa menyesuaikan dengan gaya spanyol, timur tengah, maupun romawi atau bahkan mengkombinasikannya.

Mau mendapatkan Materi dan Info Penting lainnya mengenai buku arsitek jago proyek dan info penting lainnya silahkan gabung di channel Telegram sharing Jagoproyek inijoin telegram

jagoproyek.com – rumah3desain.id
Jl. H. Gedad No. 85  Kel. Paninggilan Utara, Ciledug. Tangerang – Banten 15153
Phone : 0817-7414-2291
Email :  admin@jagodesainproyek.com