Konsep Perancangan Dalam Ruangan ( Interior )

Konsep Perancangan Dalam Ruangan ( Interior )

Rancangan dalam ruangan/interior adalah seni satu proses konsep perancangan dalam ruangan, yang biasanya meliputi luar ruangan dari sebuah ruangan atau bangunan-banguanan. Seorang perancang dalam ruangan terkadang mengkoordinasi dan mengurusi proyek-proyek sejenis.

A. Definisi Perancangan Dalam Ruangan/Desain Interior

Desain interior atau perancangan dalam ruangan merupakan ilmu yang mempelajari tentang mereka, merencanakan dan merancang ruang-ruang interior di sebuah bangunan agar memenuhi tatanan fisik kebutuhan dasar penghunianya dalam hal penyediaan sarana bernaung dan berlindung.

konsep perancangan dalam ruangan

Desain interior merupakan sebuah ilmu yang tidak bisa dibatasi ruang lingkupnya, yang memiliki beberapa keterkaitan ilmu dengan ilmu lain, diantaranya ilmu arsitektur, ilmu konstruktsi, ilmu seni rupa, dan ilmu seni kerajinan. Perancangan ruang dalam atau desain interior pada dasaranya titik fokus berada pada perancangan tiga elemen pembentuk ruang, yaitu elemen dasar/lantai, elemen samping/dinding, dan elemen atas/langit, ketiga elemen tersebut dirancang melalui metode-metode tertentu sehingga menghasilkan buah konsep desain interior.

B. Prinsip Perancangan Dalam Ruangan

Dalam konsep perancangan dalam ruangan, ada beberapa prinsip yang harus diperhatikan, diantaranya :

  • 1. Unity and Harmony
    Dapat diwujudkan melalui suatu kesatuan dimana semua elemen yang ada saling melengkapi dan kesinambungan satu dengan yang lainnya sehingga menghasikan komposisi yang seimbang yang membentuk suatu ruang yang harmonis dan mampu mewadahi aktivitas penghuni.
  • 2. Keseimbangan (Balance)
    Unsur Balance atau keseimbangan yang dimaksud merupakan suatu langkah perancangan dari elemen pembentuk ruang yang membentuk sususan yang harmonis, tidak berat sebelah, dan tidak menonjol hanya pada satu elemen saja, namun semua komponen harus balance/seimbang.

Style Keseimbangan terbagi 3 yaitu: Simetris, Asimetris, dan Radial

  • 3. Focal Point
    Focal point yang dimaksud merupakan sebuah aksen di dalam ruangan yang mampu mejadi daya tarik tersendiri dan menjadi pusat perhatian dalam ruangan.

konsep perancangan dalam ruangan

  • 4. Ritme
    Ritme dapat didefinisikan sebagai semua pola pengulangan tentang visual.
  • 5. Detail
    Dalam konteks perancangan ruang dalam, detail sangat diperlukan dalam hal penetuan lighting, tata letak furniture, ukuran yang presisi pada suatu furniture maupun elemn additional sehingga dapat menambah estetika dalam ruang.

C. Konsep-Konsep Desian Interior
Konsep interior merupakan dasar pemikiran si desainer untuk memecahkan permasalahan desain, secara substantif, pencarian konsep adalah tahapan eksplorasi untuk mendapatkan kriteria yang sesuai terhadap ruang-ruang yang ingin dirancang.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *