Membangun Bisnis Jasa Kontraktor Bangunan

Membangun Bisnis Jasa Kontraktor Bangunan

Sahabat Arsitek, untuk membangun bisnis jasa kontraktor bangunan yang sukses kamu tidak bisa dengan sim salabim!!
Karena itulah, bisnis jasa sebagai kontraktor bangunan menjadi satu peluang sukses yang patut untuk anda perhitungkan.

membangun bisnis jasa kontraktor

Anda harus bangun kesuksesan itu sendiri, mau SUKSES untuk jadi KONTRAKTOR bangunan? mari simak kunci sukses berikut:

1. Jaga Mutu & Kualitas
Kontraktor yang tidak memperhatikan mutu dan kualitas kerjanya lambat laun pasti akan runtuh. Bisnis kontraktor bangunan adalah bisnis jasa yang membutuhkan kepercayaan.
Untuk menjaga kepercayaan itulah anda harus menjaga mutu dan kualitas. Jangan demi mengejar profit dan uang anda mengabaikan mutu dan kualitas.

2. Disiplin Dalam Biaya
Anda harus benar-benar ketat dan efisien dalam hal pembiayaan. Meskipun anda harus menjaga mutu dan kualitas, jangan sampai karenanya anda harus merugi.
Karena KONTRAKTOR dengan owner sudah menyepakati harga kontrak diawal, maka anda harus benar-benar menjaga pengeluaran proyek jangan sampai melebihi dari nilai kontrak.

3. Disiplin Waktu
Dengan waktu yang disepakati dalam kontrak kerja. Selesai lebih awal dari waktu yang disepakati sangatlah baik. Jangan sampai molor yang akhirnya akan mengecewakan owner.
Apabila anda mengerjakan proyek bangunan pemerintah, molor waktu bisa mengakibatkan nama perusahaan anda diBlacklist dan tidak boleh mengikuti tender.

4. Manajemen Keselataman
Kontraktor tidak akan bisa melaksanakan proyek tanpa pekerja. Dari itu, keselamatan pekerja harus dimanage dan dijaga dengan baik. Persiapkan alat-alat keselamatan sejak dini. Bahkan anda seharusnya mengasuransikan pekerja anda.

5. Layanan yang Baik
Berikan kepuasan kepada owner ketika anda melaksanakan proyek bangunan. Layani owner dengan baik dan puaskan keinginannya. Mereka membayar perusahaan anda untuk kepuasan bukan sekedar mengerjakan.
Referensi dari mereka lebih tajam dari iklan media. Kalau mereka puas, maka nama perusahaan anda akan mereka sebarkan pada relasi, keluarga, club dan lingkungan mereka.

Kriteria Kontraktor Terpilih

membangun bisnis jasa kontraktor

Dalam bisnis jasa kontraktor, faktor kepercayaan terhadap kontraktor yang bersangkutan adalah modal untuk memperoleh proyek dari calon klien, kemudian penilaian apakah kontraktor tersebut layak dan mampu untuk mengelola atau mengerjakan suatu proyek.

Inilah beberapa kriterianya:
1. Karakter

  • Proyek-proyek terakhir dikerjakan
  • Proyek-proyek yang ditelantarkan
  • Proyek yang sedang ditanganinya saat ini
  • Jumlah sisa pekerjaan proyek

2. Kapasitas
3. Modal
4. Jaminan

Jika kita simpulkan dari uraian kriteria penilaian terhadap kontraktor tersebut, maka kontraktor yang dapat diberi kepercayaan menangani proyek-proyek adalah yang memenuhi standar penilaian seperti ini:

  • Memiliki nilai prestasi proyek yang sangat baik
  • Dapat membuktikan perusahaannya masih sangat mampu menangani proyek-proyek hingga tuntas
  • Dapat menunjukkan bahwa aset bisnisnya memiliki nilai jual untuk menyelesaikan proyek
  • Bisa mengorbankan asetnya dalam kasus proyek gagal dan proyeknya merugi.

Itulah tips membangun bisnis jasa kontraktor yang bisa kamu terapkan dalam membangun proyekmu sendiri, salam SUKSES teman-teman Arsitek.

Mau belajar tentang proyek bisa gabung ke grub Telegram kami

join telegram