Menata Taman Depan Rumah Sederhana

Menata Taman Depan Rumah Sederhana

Menata taman depan rumah sederhana dapat menjadi ide yang bagus untuk membuat hunian lebih indah. Untuk mewujudkan desain taman rumah sesuai harapan, penting untuk mempertimbangkan model tata letak hingga luas lahan.
Semua orang bisa membuat taman depan rumah sesuai keinginan. Tidak harus mewah, taman rumah sederhana dan minimalis pun juga bisa memberi keindahan tersendiri. Lahan yang sempit dan terbatas juga dapat anda jadikan taman dengan membuat dekorasi yang simpel.

Dengan kombinasi desain yang berani namun tetap terlihat sederhana, dapat menghasilkan taman yang menarik. Lalu mampu menunjukkan kesan lebih terhadap sebuah hunian.

Inspirasi Menata Taman Depan Rumah Sederhana

menata taman depan rumah

Rumah merupakan sebuah tempat untuk berlindung, beristirahat, berkumpul bersama keluarga, dan sebagainya. Maka mewujudkan rumah yang nyaman untuk tinggal merupakan prioritas. Menambahkan taman depan rumah dapat menciptakan kesegaran bagi rumah dan penghuninya.

Desain taman kini semakin beragam yang dapat anda sesuaikan dengan selera dan luas lahan. Faktor lingkungan dan lahan juga sangat mempengaruhinya, karena tidak semua tanaman tumbuh pada lahan tertentu. Beberapa rekomendasi desain taman berikut dapat anda jadikan inspirasi.

1. Taman pada Teras Rumah
Menata taman depan rumah sederhana tidak selalu berada pada area terbuka. Bagian teras yang beratap juga bisa anda jadikan sebuah taman depan rumah. Karena tamaman tidak bisa langsung anda tanam ke tanah. Anda bisa memanfaatkan pot sebagai media tanamnya.

Agar tidak terlihat berantakan, anda bisa menyusun pot pada lantai atau dengan menaruhnya pada rak. Anda bisa memilih bunga dengan kelompok besar dan warna yang serasi dengan dekorasi eksterior rumah. Sehingga ketika malam hari dan lampu teras menyala, bunga-bunga ini akan tetap terlihat memukau.

2. Taman Depan Rumah dengan Konsep Living Wall
Bila anda ingin menata taman depan rumah sederhana namun memiliki area yang terbatas, maka living wall atau taman vertikal ini merupakan solusi yang tepat. Dengan memanfaatkan tembok kosong, anda bisa meletakkan pot-pot kecil berisi tanaman.
Namun anda perlu menyediakan kayu atau besi penyangga sebagai media peletakan. Anda bisa meletakkan pot secara menggantung pada kayu atau besi penyangga.
Ketika tanaman telah tumbuh, maka rongga-rongga penyangga akan tertutupi. Sehingga terciptalah tanaman pada tembok. Tanaman hijau dengan daun memanjang dapat and jadikan sebagai pilihan agar living wall ini terlihat lebih dan asri.

3. Taman Depan Rumah dengan Pot Gantung
Kurangnya lahan untuk anda tanami berbagai macam bunga, tidak menjadi sebuah halangan untuk menata taman depan rumah sederhana. Anda bisa menggantungkan pot-pot tanaman pada area depan rumah. Sehingga jadilah taman depan rumah yang sederhana.
Gunakan pot berukuran kecil dan rantai besi sebagai penggantungnya. Anda bisa memilih aneka jenis bunga gantung dan tanaman herbal untuk mengghias taman. Pastikan anda meletakkan pot tersebut dengan aman agar tidak melukai penghuni rumah.

4. Taman Depan Rumah ala Jepang

menata taman rumah depan

Desain taman yang satu ini dapat anda terapkan untuk rumah dengan menampilkan kesan asri dan daman. Taman jepang identik dengan pohon, rerumputan, semak-semak, dan bebatuan. Terlihat sederhana, namun tetap memberi nuansa kesejukan alam yang kental.

5. Taman Minimalis pada Tangga Depan Rumah
Beberapa tahun terakhir, banyak yang memanfaatkan tangga untuk menata taman depan rumah sederhana. Hal ini mereka lakukan agar tanaman terhindar dari genangan air hujan. Jika anda bingung meletakkan pot bunga dimana lagi, maka dengan memanfaatkan space kosong pada tangga bisa menjadi ide yang brilian.
Anda dapat meletakkan pot-pot tanaman pada area samping tangga. Bila ada space yang masih kosong, anda juga bisa memanfaatkan untuk membuat air terjun mini serta menambahkan bunga-bunga cantik pada sekeliling air terjun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *