Menciptakan Ruang Dapur Minimalis Modern

Menciptakan Ruang Dapur Minimalis Modern

Jika anda tinggal di rumah yang kecil dengan ukuran dapur terbatas atau anda memang menyukai simplicty dan kelugasan gaya kontemporer, ruang dapur minimalis pasti akan membuat dapur anda terlihat lebih bersih dan tertata rapi. Selain tampilannya yang sederhana, tanpa embel-embel, dan berkesan modern, kitchen set minimalis menciptakan nuansa kosmopolitan dan berkelas untuk ruang dapur anda.

Apabila anda sedang mendesain dapur baru atau ingin mendekorasi ulang dapur anda, ada beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih kitchen set murah namun tetap elegan.

Layout kitchen set dapur minimalis

ruang dapur

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menentukan layout kitchen set dapur minimalis modern adalah mengetahui dengan tepat ukuran dapur anda. Mengetahui beberapa besarnya ukuran ruang dapur akan memudahkan anda untuk menentukan beberapa elemen penting dalam mendesain kitchen set dapur minimalis, termasuk layout dapur agar sesuai dengan peralatan, kebutuhan memasak dan gaya hidup anda. Ada beberapa bentuk layout dapur yang dapat anda terapkan pada kitchen set minimalis modern, apakah anda menginginkan bentuk U, I, C, G atau L.

Konsep working triangle

ruang dapur

Anda perlu mempertimbangkan konsep working triangle dalam desain dapur minimalis anda, yaitu bagaimana letak area penyimpanan, mencuci dan memasak. Setelah mengetahui konsep tersebut, anda mungkin ingin menggunakan island atau peninsula, atau tidak perlu sama sekali. Pertimbangkan juga apakah anda perlu tempat penyimpanan seperti kabinet, rak, laci, dan sebagainya. Tujuan dari semua itu adalah untuk menunjang kenyamanan kerja dan kebebasan ruang gerak anda di dapur.

Lemari kabinet dapur

ruang dapur

Mengetahui berapa besarnya ukuran ruang dapur akan memudahkan anda untuk menentukan beberapa elemen penting dalam mendesain kitchen set dapur minimalis, termasuk layout dapur agar sesuai dengan peralatan, kebutuhan memasak dan gaya hidup anda.
Ada beberapa pilihan bentuk layout dapur yang dapat anda terapkan pada kitchen set minimalis modern, apakah anda menginginkan bentuk U, I, C, G atau L. Kitchen set minimalis bentuk I atau L adalah pilihan yang lebih ekonomis karena tidak membuthkan sejumlah banyak lemari kabinet dapur. Selain hemat biaya, anda juga bisa menghemat ruang dengan pemilihan bentuk layout tersebut.

Perlengkapan kitchen set minimalis

Lemari kabinet

Ciri dapur minimalis adalah simplicity dan minimalis, artinya anda tidak akan menemukan banyak barang berserakan di atas meja dapur namun memanfaatkan seluruh tempat penyimpanan untuk barang-barang keperluan dapur anda. Ada barang-barang yang perlu anda hindari dalam memilih perlengkapan kitchen set minimalis ekonomis, di antaranya adalah:

  • Oven Microwave
  • Mesin es krim
  • Stand mixer
  • Mesin pemanggang roti
  • Peralatan satu fungsi

Batasi hanya dua warna

kitchen set

Semua ini berhubungan dengan warna putih yang mendatangkan energi positif dan kesegaran. Putih adalah warna yang sempurna untuk setiap desain kitchen set minimalis modern, pilihan yang tidak rumit untuk menciptakan tampilan bersih dan cerah yang anda inginkan dalam desain dapur minimalis elegan.
Putih itu universal dan abadi. Anda bisa menggunakan kombinasi warna putih dengan nuansa warna lainnya seperti dalam skema monokromatis di atas, misalnya dengan paduan warna: kuning, hijau, merah, hitam, dan abu-abu. Namun sebaiknya hanya membatasi pada dua tones warna. Jika ada sedikit warna kontras, akan lebih baik lagi. Pada foto di bawah ini, misalnya kabinet putih glossy dipasangkan dengan panel pintu kabinet warna hijau lembut yang tampak elegan.

Sumber: 4 kiat menciptakan kitchen set minimalis modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *