Mengenal Tentang Desain Rumah Arsitektur Minimalis

Mengenal Tentang Desain Rumah Arsitektur Minimalis

Desain arsitektur minimalis modern, arsitektur, atau desain bangunan hanya menggunakan kebutuhan yang paling mendasar. Minimalis dalam arsitektur menekankan pada hal-hal yang bersifat esensial dan fungsional. Bentuk-bentuk yang geometris dan tanpa dekorasi menjadi karakter arsitektur minimalis.

Minimalis sendiri menjadi trend pada awal abad ke-19 dan menjadi gerakan penting akibat respon dari gaya arsitektur sebelumnya yang lebih banyak menggunakan unsur dekorasi dan ornamen. Para designer berfokus pada dua elemen, yaitu pencahayaan yang elegan dan ruang kosong yang tercipta dari pengurangan unsur tiga dimensional dalam desain arsitektur.

Arsitek minimalis tidak hanya mempertingkan kualitas fisik bangunan, mereka juga melihat secara mendalam ke dalam dimensi spiritual yang tidak terlihat, dengan perhatian lebih terhadap detail, manusia, ruang, alam, dan bahan. Mereka menemukan bahwa sesuatu yang abstrak dan tidak terlihat seperti cahaya alami, langit, bumi, dan udara sebenanrnya mempunyai kualitas.

Ciri utama dari arsitektur minimalis modern sederhana antara lain, bentuk denah yang kotak, bentuk bangunan kubus, deret jendela yang terbentang dengan horizon kotak-kotak, semua sudut facade 90 derajat, dan menggunakan material fabrikasi seperti baja, kaca, dan beton.

Ide mengenai kesederhanaan sebenarnya muncul di berbagai budaya, terutama di jepang dengan budaya Zen. Orang jepang memanipulasi budaya Zen ke dalam estetika dan desain bangunan mereka. Ide mengenai arsitektur jepang ini mempengaruhi budaya barat terutama amerika sejak pertengahan abad ke-18, dan juga menginspirasi munculnya arsitektur minimalis di abad ke-19.

sumber: Mengenal Lebih Dalam Desain Rumah Arsitektur Minimalis Modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: