Menghitung Keuntungan Mengerjakan Proyek

Menghitung Keuntungan Mengerjakan Proyek

Saat terjun diproyek anggunan, ada baiknya anda paham betul dengan RAB “Rencana Anggaran Biaya”, minimalis tahu asal usulnya yang tertulis dalam rincian RAB, akan lebih bagus lagi bisa membuat atau menghitung keuntungan mengerjakan proyek sendiri.

Dalam membuat atau menghitung RAB, tidak aakn lepas dari 3 faktor utama berikut:

  • Tenaga kerja
  • Material bahan bangunan
  • Waktu

Dari ketiga faktor itulah kita bisa mendapatkan keuntungan pada saat mengerjakan proyek pembangunan.

Tenaga Kerja

Tenaga kerja disini adalah semua orang yang terlibat dalam proyek bangunan yang anda kerjakan, seperti: tukang-tukang bangunan, supir, engineering, administrasi dan yang lainnya juga termasuk anda.

Ketika kita membuat RAB, kita memasukan man power atau tenaga kerja dalam proyek bangunan tersebut, ayng kitamasukan adalah tenaga tukang-tukang yang bakan terlibat langsung dalam proyek, sementara tenaga kerja lainnya supir, engineer, admin, dan lainnya tidak masuk dalam RAB proyek tersebut, karena untuk biaya operasional tenaga-tenaga kerja tersebut adaalh biaya operasional untuk seluruh proyek-proyek yang kita miliki, bukan dibebankan  biaya operasional pada satu proyek saja.

Dalam proses pelaksanaan pembangunannya kita membutuhkan tenaga tukang-tukang bangunan yang berpengalaman, ahli dan jujur.

Ada 2 system kerjasamanya dengan tukang-tukang tersebut:

  • System upah harian
  • Borongan tenaga

Disinilah kejelian kita untuk memperoleh keuntungan yang berasal dari tenaga kerja.

Jika kita menggunakan sistem upah harian, kita sulit memprediksi biayanya habis berapa hingga proyek selesai, nggak menutup kemungkinan kita malah merugi.

Tapi jika kita menggunakan system upah borongan tenaga, biayanya sudah pasti ditentukan dan diketahui sebelumnya, dengan kata lain biayanya harus lebih kecil dari rencana anggaran yang kita hitung.

Selisih anggaran yang sudah kita hitung dengan biaya borongan tukang, itulah keuntungan yang kita dapat dari tenaga kerja.

Material Bahan Bangunan

Ketentuan material yang digunakan untuk proyek yang kita kerjakan, biasanya sudah tercantum dalam RAB dan spesifikasi teknis. Kita tinggalmengikutinya saja, dan sekali-sekali jangan berpikir untuk menggantinya dengan spesifikasi yang lebih murah. Berpikir aja nggak boleh, apabila melakukan kecurangan.

Lalu, bagaimana caranya kita bisa dapatkan keuntungan proyek melalui material

menghitung keuntungan mengerjakan

Sebelum mendapatkan proyek tersebut, kita sudah membuat RAB lengkap dengan spesifikasi materialnya. Dalam RAB ada hitungan volum pekerjaan ayng kita hitung dari gambar kerja teknis.

Nah, dari hitungan volum pekerjaan tersebut kita bisa buatkan lagi rincian kebutuhan material, seperti semen, pasri, split, batu bata, hebel, besi, kayu, material atap, dan sebagainya.

Jika anda kesulitan menghitung jumlah masing-masing material,bisa menggunakan “Buku PINTAR” bisa anda dapatkan disini.

baca juga: download kumpulan gambar desain autocad

Kalau seluruh kebutuhan material lengkap dengan jumlah. Kita ketahui, selanjutnya kita bisa langsung bawa ke supplier bahan bangunan atau material terdekat, biasanya jika kita belanja material dalam jumlah banyak (untuk satu atau beberapa proyek) akan mendapat harga miring/harga khusus yang jauh lebih murah bila kita belanjanya sedikit-sedikit.

Akan ada selisih yang cukup signifikan dari hitungan biaya material yang kita buat dalam RAB dengan harga real di material/supplier, itulah keuntungan yang bisa kita peroleh melalui material, tanpa harus mengurangi atau mengganti spesifikasi material.

Waktu

Semakin cepat kita menyelesaikan pekerjaan proyek kita, semakin cepat pula kita ketahui keuntungan yang kita peroleh, semakin molor atau tertundanya pekerjaan proyek kita, akan berdampak semakin membesarnya biaya operasional yang harus kita biayai.

baca juga: supervisi proyek pengawasan proyek

Maka carilah tenaga tukang bangunan yang ahli dan berpengalaman pada bidangnya, sehingga dapapt membantuk kita mempercepat proses pelaksanaan pekerjaan proyek kita.

Jadi sekarang sudah jelas ya, bagaimana kita bisa dapatkan keuntungan dari tiap proyek yang kita kerjakan, yaitu melalui 3 faktor utama:

  • Tenaga kerja
  • Material dan
  • Waktu

Ingin konsultasi maupun bertanya-tanya tentang proyek, bisa gabung ke grub telegram jagoproyek, dan kamu akan langsung dibantu oleh Founder jagoproyek!!

join telegram

jagoproyek.com – rumah3desain.id
Jl. H. Gedad No. 85  Kel. Paninggilan Utara, Ciledug. Tangerang – Banten 15153
Phone : 0817-7414-2291
Email :  admin@jagodesainproyek.com
Open chat
Hubungi CS JagoProyek !
Hubungi CS JagoProyek !