Nilai Estetika Dalam Arsitektur Bangunan

Nilai Estetika Dalam Arsitektur Bangunan

Secara umum nilai estetika dalam arsitektur merupakan filsafat keindahan bentuk dan ruang makan pemaparan estetika arsitektur ini diarahkan pada pembahasan arsitektur sebagai ilmu dan seni. Sebagai ilmu khususnya ilmu rancang bangunan, arsitektur ditujukan untuk merancang suatu sistem pewadahan atau ruang. Ruang yang dimaksudkan adalah ruang yang dikondisikan untuk suatu kegiatan sehingga bentuk ruang tersebut harus mengikuti bentuk kegiatan penghuninya seperti kata Lois Sullivans, form follow function artinya bentuk mengikuti fungsi.

nilai estetika dalam arsitektur

Zaman modern seperti, ini kita tidak asing lagi dengan bangunan-bangunan yang mempunyai nilai seni yang indah. Semua itu tidak terlepas dari peran para arsitek yang merancang bangunan tersebut. Arsitek adalah sebutan bagi ahli yang mampu melakukan peran dalam proses kreatif menuju terwujudnya tata ruang suatu bangunan guna memenuhi tata kehidupan masyarakat dan lingkungannya.

nilai estetika dalam arsitektur

Arsitektur tidak hanya sebatas bentuk dan fungsi, tetapi juga seni. Sehingga arsitektur tidak bisa dibatasi oleh titik, garis dan bidang melainkan bisa berkembang menjadi sebuah keindahan seni yang bersumber dari nilai-nilai budaya, moral, kehidupan, sejarah dll. Berarsitektur berarti berbahasa manusia, maksudnya adalah suatu rancangan arsitektur harus mampu mengkomunikasikan mengenai fungsi dan wadah dari Arsitektur sendiri, hal ini dapat diwujudkan dalam suatu keindahan bentuk dan seni.

baca juga: sulit mendapatkan proyek, ini solusinya?

Keindahan adalah pancaran kebenaran. Intinya nilai estetika dalam arsitektur yang tertuang dalam bangunan haruslah kontekstual dan komunikatif. Kontekstual berarti dia memenuhi hakekatnya sebagi wadah dan fungsi, komunikatif berarti dia memenuhi unsur seni dan keindahan sehingga mencerminkan fungsi.

Dalam pengertian lain, arsitek adalah keahlian dan kemampuan penerapan dibidang rancangan arsitektur dan pengelolaan proses pembangunan lingkungan.
3 poin diantaranya terkait dengan peran arsitek dalam estetika bangunan, yaitu:

  1. Perancangan Arsitektur
  2. Pengetahuan Arsitektur
  3. Pengetahuan Sosial

Seperti yang telah disebutkan diatas, ada beberapa alasan pentingnya arsitek dalam estetika bangunan, yaitu:

  1. Arsitek merupakan ahli rancang bangunan yang telah berpengalaman dalam teori dan praktik kerja
  2. Arsitek mampu memvisualisasi ide menjadi suatu bangunan yang indah.

Maka dari itu, dalam dunia desain Arsitektur, estetita suatu bangunan akan menunjukkan dan memperkenalkan kepada dunia mengenai “dunia arsitektur“.

Ingin gabung ke grub telegram jagoproyek. Disini teman-teman bisa belajar, sharing, dan berdiskusi seputaran proyek, yuk gabung!!

join telegram

Jasa Desain Rumah Online – Jasa Desain Arsitektur – Jasa Desain Interior – Jasa Pelaksanaan Pembangunan – Jasa Pengawasan/Supervisi – Jasa Renovasi Rumah

jagoproyek.com – rumah3desain.id
Jl. H. Gedad No. 85 Kel. Paninggilan Utara, Ciledug. Tangerang – Banten 15153
Phone : 0817-7414-2291
Email : jagoproyek77@gmail.com