Perbedaan Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur?

Perbedaan Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur?

Inilah perbedaan jurusan teknik sipil dan teknik arsitektur sama-sama mempelajari bagaimana membangun gedung, terdapat perbedaan yang signifikan antara keduanya. Jurusan teknik sipil mempelajari cara membuat struktur bangunan yang kokoh dan ekonomis, sedangkan jurusan Arsitektur lebih berfokus pada desain bangunan yang menarik. Secara singkat, teknik sipil membuat gambar/desain seorang arsitek menjadi bangunan nyala, dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti fungsi bangunan, keamanan dan ketahanan bangunan, anggaran dan faktor lainnya.

perbedaan jurusan teknik

Jurusan teknik sipil terdiri dari banyak mata kuliah yang memaksa kamu untuk berhitung. Jika kamu berencana untuk mengambil jurusan teknik sipil, kamu perlu memiliki dasar matematika dan fisika yang kuat. Dua keahlian dasar ini dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan berbagai tantangan dan masalah yang dihadapi di dunia karir teknin sipil.
Jurusan teknik sipil juga melibatkan praktek geometri, trigonometri dan kalkulus, serta fisika dan kimia. Ada banyak spesialisasi yang bisa dipilih dari jurusan teknik sipil, misalnya struktur bangunan, sumber daya perairan, lingkungan, konstruksi, transportasi, geoteknik, dan masih banyak yang lainnya.

Tahun pertama kuliah teknik sipil akan dimulai dengan mata kuliah umum, seperti matermatika, fisika, bahasa, dll. Memasuki tahun kedua, mahasiswa akan mempelajari mata kuliah yang lebih spesifik seperti: Mekanika teknik, statistik, gambar teknik, struktur jembatan, teknologi bahan bangunan, struktur beton, hodrologi, struktur baja, struktur kayu, hukum yang berhubungan dengan proyek konstruksi, sistem transportasi, rekayasa pondasi, manajemen proyek, rel kereta api, jalan raya, terowongan, irigasi bangunan air, ilmu ukur tanah, mekanika tanah, hidrolika, serta software komputer yang digunakan di bidang teknik sipil ( contohnya Staad pro, SAP 2000, Autocad, eTABS, dsb )

Seiring dengan perkembangan teknologi dan dunian, ilmu pengetahuan teknik sipil juga terus berkembang. Oleh karena itu banyak yang memilih untuk lanjut kuliah ke jenjang s2. Akan tetapi jika tidak memungkinkan, kamu juga bisa mengikuti program kuliah online untuk mempelajari pengetahuan dan praktek terbaru.

Baca juga: tips memilih arsitek

Untuk dapat diterima di universitas luar negeri, perlu untuk memiliki skot TOEFL minimal 550. Persyaratan masuk setiap universitas berbeda-beda. Disarankan untuk konfirmasi dengan universitas mengenai persyaratan masuk terbaru. Terutama, untuk mendaftar ke program s2, terkadang ada universitas dapat dilihat di bagian ‘admission’ di situs resmi universitas.

perbedaan jurusan teknik

Keahlian yang akan dipelajari dari jurusan teknik sipil

Selain ilmu, kamu juga akan mempelajari beberapa keahlian penting yang dapat dipindah tangankan (transferable skill) keahlian mempermudah karir kamu kelak, walau kamu tidak bekerja di bidang teknik sipil.

  • Keahlian teknikal
  • Keahlian menyelesaikan masalah
  • Keahlian manajemen proyek dan organisasional
  • Keahlian TI
  • Keahlian komunikasi dan negosiasi
  • Keahlian bekerja dalam kelompok dan bekerja secara mandiri

Baca juga: gaya desain bohemian untuk hunian minimalis

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Sipil

Setiap negara ingin terus maju dan berkembang, berbagai bangunan, fasilitas dan infrastruktur terus dibangun untuk meningkatkan kenyamanan hidup masyarakat. Oleh karena itu lowongan kerja untuk jurusan teknik sipil selalu ada. Menurut data tarbaru dari biro tenaga kerja amerika, gaji pertahun dari mereka yang berkarir di bidang teknik sipil berkisar antara. $68,220 – $82,220. Berikut ini adalah beberapa contoh pekerjaan teknik sipil:

  • Konsultan/Kontraktor Konstruksi Bangunan
  • Program atau proyek pembangunan
  • Pegawai negeri sipil (pns)
  • Badan usahan milik negara (BUMN)
  • Insinyur konstruksi

Itulah Perbedaan jurusan teknik sipil dan arsitektur yang bisa kami simpulkan, dan masih banyak lagi perbedaan-perbedaan mengenai teknik sipil dan arsitektur, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk teman-teman arsitek.

Mau mendapatkan Materi dan Info Penting lainnya mengenai buku arsitek jago proyek dan info penting lainnya silahkan gabung di channel Telegram sharing Jagoproyek inijoin telegram

jagoproyek.com – rumah3desain.id
Jl. H. Gedad No. 85  Kel. Paninggilan Utara, Ciledug. Tangerang – Banten 15153
Phone : 0817-7414-2291
Email :  admin@jagodesainproyek.com