Tips Membangun Bisnis Jasa Kontraktor

Tips Membangun Bisnis Jasa Kontraktor

Jadi kontraktor bangunan? mungkin ini impian karier profesi anda. Hari demi hari bangunan terus bertumbuh dan berkembang. Walau kadang bencana alam memporakporandakan bangunan yang ada, namun nggak akan lama pasti dibangun lagi. Inilah tips membangun bisnis jasa kontraktor bangunan menjadi satu peluang sukses yang patut untuk anda perhitungkan. Tapi, untuk menjadi kontraktor bangunan yang sukses tidak bisa dengan sim salabim!! Anda harus bangun kesuksesan itu sendiri.

Anda mau sukses jadi kontraktor bangunan? mari simak tips membangun bisnis jasa kontraktor berikut:

  • Jaga Mutu dan Kualitas

Kontraktor yang tidak memperhatikan mutu dan kualitas kerjanya lambat laun pasti akan runtuh. Bisnis kontraktor bangunan adalah bisnis jasa yang membutuhkan kepercayaan. Untuk membangun kepercayaan itulah anda harus menjaga mutu dan kualitas. Jangan demi mengejar profit dan uang anda mengabaikan mutu dan kualitas.

Apalagi kalau anda bermain di segmen atas seperti kontraktor rumah mewah. Para pemilik rumah mewah biasanya sangat sensitif terhadap mutu dan kualitas kerja.

Dari itu, bangun kesuksesan anda dengan kunci “Menjaga Mutu dan Kualitas“.

  • Disiplin Dalam Biaya

Disiplin dalam biaya artinya anda harus benar-benar ketat dan efisien dalam hal pembiayaan. Meskipun anda harus menjaga mutu dan kualitas, jangan sampai karenanya anda harus merugi. Bisnis tetaplah bisnis dimana anda harus mendapatkan profit. Karena antara kontraktor dengan owner sudah menyepakati harga kontrak diawal, maka anda harus benar-benar menjaga pengeluaran proyek jangan sampai melebihi dari nilai kontrak.

Sebelum menyepakati kontrak pembangunan, anda harus memperhitungkan resiko kenaikan harga material, pembengkakak upah tukang dan kemungkinan-kemungkinan buruk lainnya.bisnis jasa kontraktor

  • Disiplin Waktu

Anda harus disiplin dengan waktu yang disepakati dalam kontrak kerja, Selesai lebih awal dari waktu yang disepakati sangatlah baik. Jangan sampai molor yang akhirnya mengecewakan owner.

tips membangun bisnis

Apalagi bila anda mengerjakan proyek bangunan pemerintah, molor waktu bisa mengakibatkan nama perusahaan anda di blacklist, tidak boleh lagi mengikuti tender.

  • Manajemen Keselamatan

tips membangun bisnis

Manajemen keselamatan pekerja juga penting untuk diperhatikan, karena ini juga salah satu pilar sukses. Kontraktor tidak akan bisa melaksanakan proyek tanpa pekerja. Maka dari itu, keselamatan pekerja harus dimanage dan dijaga dengan baik. Persiapkan alat-alat keselamatan sejak dini. Bahkan anda seharusnya mengasuransikan pekerja anda.

  • Layanan yang Baik

Berikan kepuasan pada owner ketika anda melaksanakan proyek bangunannya. Layani owner dengan baik dan puaskan keinginannya. Mereka membayar perusahaan anda untuk kepuasan bukan sekedar mengerjakan. Jalin hubungan baik dengan owner karena kelak mereka akan menjadi iklan gratis buat anda. Referensi dari mereka lebih tajam dari iklan di media. Kalau mereka puas, maka nama perusahaan anda akan mereka sebarkan pada relasi, keluarga, club, dan lingkungan mereka.

Nah, jika anda berminat terjun ke bisnis kontraktor bangunan, jangan lupakan 5 pilar diatas, agar kesuksesan anda bisa terbangun.

Ingin belajar tentang dunia proyek dan mengetahui tentang proyek bisa gabung ke grub telegram kami

join telegram