Tips Memilih Tukang Bangunan yang Berpengalaman

Tips Memilih Tukang Bangunan yang Berpengalaman

Pemborong bangunan, kontraktor atau pemilih proyek pasti membutuhkan tukang bangunan untuk membantu menyelesaikan proyeknya. Walau pada awalnya tidak semua tukang bangunan belum bisa diandalkan untuk memenuhi keinginan anda, namun setidaknya sejak dini anda sudah harus mulai mengenai tips memilih tukang yang nantinya bisa berkerjasama dengan anda mengerjakan proyek-proyek berkelanjutan.

Awalnya menggunakan seorang atau beberapa tukang mungkin anda baru coba-coba, jika bagus dan anda merasa cocok bisa anda ajak untuk mengerjakan proyek anda berikutnya.

Lalu apa tolak ukur yang pas untuk seorang tukang bangunan yang layak anda pertahankan untuk membantu mengerjakan proyek-proyek anda? Paparan berikut bisa membantu anda:

tips memilih tukang

  • Pilih tukang bangunan yang memiliki rasa tanggung jawab
    Kadang tidak setiap saat anda bisa mengontrol kerjaan yang anda percayakan pada tukang ybs. Dengan memperkerjakan tukang-tukang bangunan yang punya tanggung jawab terhadap kerjaannya, akan memberikan rasa aman & tenang pada diri anda. Memang pada awalnya agak sulit kita bisa mempercayai tukang yang baru pertama kali kerja dengan kita. Referensi dari orang yang anda kenal baik, mungkin bisa sedikit membuat anda juga percaya pada tukang yang direferensikan.
  • Cari tukang bangunan yang ahli dibidangnya
    Ketika anda mempunyai proyek yang siap dikerjakan, akan ada banyak tukang-tukang yang ingin bekerja dengan anda. Namun disini anda harus selektif dalam memilih tukang, pekerjaan tukang sesuai keahliannya, seperti untuk pembuatan pondasi, cor sloof, pasang bata, plester & acian serahkan pada tukang batu: pembuatan begisting, buat kusen, rangka kuda-kuda kayu serahkan pada tukang kayu: instalasi listrik serahkan sama tukang listrik, dan sebagainya.
  • Cari tukang bangunan yang berpengalaman
    Walaupun agak lebih tinggi upah hariannya, tukang yang sudah berpengalaman dalam mengerjakan proyek pembangunan akan sangat membantu dalam proses pelaksanaan proyek anda. Tukang yang berpengalaman dapat bekerja lebih cepat, lebih bagus dan rapih. Ini akan sangat membantu sekali untuk anda yang baru pertama atau beberapa kali mengerjakan proyek, beliau bisa jadi rekan-rekan diskusi dilapangan.

tips memilih tukang

baca juga: berapa biaya jasa desain interior rumah

Berikut ini tips untuk memilih tukang bangunan yang ideal:

  • Tukang bangunan yang ideal biasanya yang usianya sekitar 25-40 tahun, sudah cukup stabil, matang dan cukup berpengalaman. Jika anda memilih tukang yang berusia lebih dari 40 tahun walaupun pengalamannya banyak, namun kemampuan fisiknya agar berkurang,
  • Pilih tukang yang pembawaannya serius, tidak banyak bicara tapi lebih banyak bekerja. Tukang yang banyak bicara biasanya suka mengobrol saay bekerja, sehingga waktu kerja menjadi kurang efektif.
  • Hindari tukang yang suka membangga-banggakan dirinya, kemampuannya, atau pengalamannya. Jangan mudah percaya dengan tukang model seperti ini, anda mungkin akan menyesal kemudian hari
  • Pertahankan tukang yang jujur, mau bekerja sesuai arahan, bertanggung jawab terhadap hasil kerjanya
  • Hindari memilih tukang yang suka lupa dan kerja sembrono, ini dapat menyebabkan kesalahan kerja yang bisa merugikan anda, anda harus mengeluarkan uang lebih untuk mengulangi pekerjaannya
  • Agar terhindar dari kesalahan pelaksaan pekerjaan, tukang yang anda pilih harus mampun membaca gambar kerja/gambar Arsitektural.
  • Cari tukang yang bisa patuh dengan instruksi yang anda berikan, artinya jika kita memberikan arahan mengenai apa yang harus dikerjakan tukang tersebut segera mengerjakan tanpa menunda-nundanya
  • Pilihlah tukang yang memilik sikap, cara bicara, caranya menyampaikan ide-idenya, serta kinerjanya yang menggambarkan tingkat kecerdasan yang cukup, dan tukang yang bisa baca dan menulis, untuk menghindari kesalahan kerja
  • Pilihlah tukang yang bisa bekerja baik secara individu maupun bekerja sama dengankenek atau tukang lainnya, terutama bisa bekerjasama dengan anda untuk pencapaian hasil pekerjaan yang baik.

Bayar upah tukang sesuai keahlian, dan kontribusinya yang baik untuk keberlangsungan proyek yang sedang anda kerjakan. Itulah beberapa tips memilih tukang bangunan yang nantinya bisa berkerjasama dengan anda mengerjakan proyek-proyek berkelanjutan.

Ingin konsultasi maupun bertanya-tanya tentang proyek, bisa gabung ke grub telegram jagoproyek, dan kamu akan langsung dibantu oleh Founder jagoproyek!!

join telegram

jagoproyek.com – rumah3desain.id
Jl. H. Gedad No. 85  Kel. Paninggilan Utara, Ciledug. Tangerang – Banten 15153
Phone : 0817-7414-2291
Email :  admin@jagodesainproyek.com