Tips Menata Kamar Tidur Agar Terlihat Rapi dan Nyaman

Tips Menata Kamar Tidur Agar Terlihat Rapi dan Nyaman

Kamar tidur merupakan ruangan pribadi yang ada di dalam rumah. Fungsinya tak hanya dijadikan sebagai tempat beristirahat saja, namun juga sering dijadikan sebagai tempat bersantai, belajar, dan masih banyak lainnya. Untuk itu pentingnya tips menata kamar tidur dengan baik agar anda merasa nyaman beraktivitas di dalam kamar tidur anda. Membuat kamar menarik dan rapi tak hanya dilakukan dengan mendekorasi kamar tidur dengan cantik saja, perlu penataan yang baik agar kamar anda tetap terlihat rapi dan bersih. Karena sebagian besar waktu anda bisa dihabiskan di dalam kamar tidur, maka tak hanya bila kamar tidur anda bisa menjadi berantakan.

Untuk menata kamar tidur agar rapi, bersih, dan nyaman bukanlah hal yang mudah bila barang-barang di dalam kamar anda memang berjumlah banyak. Terlebih lagi jika kamar anda berukuran mungil, tentu saja membuat anda kebingungan untuk menata barang-barang tersebut dengan baik. Lalu bagaimana cara menata barang di kamar agar rapi dan nyaman dipandang?
Berikut ini trik-trik bisa anda coba terapkan:

Masukkan Barang-barang yang Diperlukan

tips menata kamar tidur

Tips menata barang di kamar agar rapi yang pertama adalah dengan memasukkan barang-barang yang memang anda perlukan dan butuhkan saja di dalam kamar. Bila anda meletakkan barang-barang yang tidak berkepentingan di dalam kamar tidur anda, maka hal ini lah yang membuat kamar menjadi lebih sempit dan terlihat berantakan.
Oleh karena itu, luangkan waktu anda untuk membongkar barang-barang yang ada di dalam kamar tidur anda, pisahkan mana yang anda butuhkan dan tidak.
Selain itu, hindari memasukkan barang-barang elektronik ke dalam kamar tidur, apalagi jika ukuran kamar anda kurang begitu luas tentu saja ini akan membuat kamar tidur menjadi sempit dan berantakan.

baca juga: mendesain interior kamar tidur anak

Menata Di Kotak-kotak yang Terpisah

Setelah itu anda bisa menata barang di kamar agar rapi bersih dengan menggunakan kotak-kotak yang terpisah. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi kesan berantakan yang ada di dalam kamar tidur. Bahkan jika anda memberikan sedikit kreatifitas, anda bisa menjadikan kotak-kotak ini sebagai dekorasi kamar tidur anda. Tak perlu mahal-mahal membeli, anda bisa membuat wadah kotak yang lucu-lucu untuk penyimpanan barang-barang di dalam kamar tidur anda. Selain menghemat biaya, tentunya terasa mengasyikan bukan menghias kamar dengan ide-ide yang anda buat.

Simpanlah Barang Di Tempat Semestinya

Karena sebagian besar aktivitas di rumah dilakukan di kamar tidur, sehingga menjadi hal wajar jika barang-barang yang diletakkan di dalam kamar. Sehingga bila anda ingin kamar tidur menjadi rapi dan bersih, letakkan barang-barang yang ada di dalam kamar sesuai dengan tempat. Misalnya saja pakaian-pakaian anda, letakkan di lemari pakaian. Jangan biarkan berserakan di tempat tidur, lantai dan lainnya.

Buat Tempat Khusus untuk Aksesoris

 

Kebanyakan orang-orang seringkali menempatkan aksesoris yang dimilikinya dengan tidak teratur di dalam kamar tidur. Meskipun berukuran mungil, namun tetap saja membuat pandangan kamar menjadi tidak terlihat rapi. Untuk itu, usahakan untuk membuat tempat khusus untuk menyimpan aksesoris kecil anda. Jangan lupa untuk mengkategorikan setiap aksesoris sehingga anda tidak kebingungan saat mencarinya.

Manfaatkan Dinding Kamar Tidur

kamar tidur

Bagi anda yang memiliki ukuran kamar yang tak terlalu luas, trik menata barang di kamar agar rapi ini mungkin bisa anda coba. Ada bisa memanfaatkan dinding kamar sebagai tempat untuk meletakkan barang-barang anda.
Bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan rak dinding atau floating shelf. Tak perlu membelinya, anda juga bisa membuat sendiri dengan mudah dari kardus, triplek, kayu, plat besi, dan lainnya. Sehingga bisa menghemat biaya dekorasi kamar. Rak gantung ini bisa anda gunakan untuk menyimpan buku, aksesoris, make up, dan masih banyak lainnya.

Bahkan tak hanya dapat dijadikan sebagai tempat penyimpanan saja, rak dinding gantung ini bisa dijadikan sebagai salah satu dekorasi kamar tidur anda sehingga membuat tampilannya menjadi lebih cantik dan menarik.

Manfaatkan Bagian Bawah Tempat Tidur

Selain dinding, anda juga menata barang di kamar agar rapi dan nyaman dengan memanfaatkan bagian bawah tempat tidur anda. Banyak sekali orang yang mengabaikan kolong bawah tempat tidur, padahal area ini bisa anda gunakan untuk menyimpan barang-barang anda misalnya kertas-kertas, sepatu, dan masih banyak lainnya. Namun tentunya, hal ini harus didukung dengan penataan yang menarik sehingga membuatnya terkesan rapi.

Memaksimalkan Sudut Ruangan

kamar tidur

Cara lainnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan memanfaatkan sudut ruangan di dalam kamar tidur. Anda bisa meletakkan lemari kecil yang dapat digunakan untuk menyimpan hal-hal yang anda perlukan, misalnya cadangan makanan. Anda juga bisa meletakkan meja kecil yang dapat digunakan untuk meletakkan barang-barang elektronik.
Yang paling penting adalah buat kamar tidur anda menjadi senyaman mungki untuk anda tinggali. Kamar tidur akan melambangkan pribadi dari pemiliknya. Sehingga anda akan merasa nyaman bila kamar tidur anda memang ditata sesuai dengan keinginan anda. Jangan lupa untuk membersihkan kamar dengan rutin setiap harinya, sehingga kamar menjadi selalu rapi, bersih, dan sehat untuk anda tempati.

Itulah beberapa tips menata kamar tidur dengan baik agar anda merasa nyaman beraktivitas di dalam kamar tidur anda, semoga bermanfaat atau menjadi inspirasi anda.