Tips Menata Perabot Ruang Tamu yang Panjang dan Sempit

Tips Menata Perabot Ruang Tamu yang Panjang dan Sempit

Apakah ruang tamu anda sangat panjang dan sempit sehingga tampak seperti lintasan boling?
Berikut adalah beberapa tips menata furnitur di ruang tamu yang panjang dan sempit untuk menampilkan ruang yang fungsional dan tidak terlihat seperti terowongan.

  • Area Sirkulasi pada Satu Sisi
    Salah satu kesulitan utama dalam mengatur furnitur untuk ruang yang panjang dan sempit adalah area sirkulasi. Satu hal yang harus dihindari adalah menempatkan kursi atau meja di area tersebut sehingga menghalangi ruang gerak anda.

Penempatan pintu dan skylight memberikan kesan lapang sekaligus menegaskan jalur sirkulasi, dengan furnitur berada pada salah satu sisi ruangan.

Penempatan karpet yang tepat juga dapat menegaskan area sirkulasi yang cukup lebar untuk membiarkan orang berjalan di atasnya. Bila karpet menghalangi separuh area sehingga anda harus menginjaknya ketika harus lewat, tentu benar-benar mengganggu? Tempatkan karpet custom untuk tujuan ini. Seperti gambar di atas, area sirkulasi dipisahkan secara khusus dengan tata letak karpet dan furnitur, yang menyesuaikan desain plafon unik.

Ruang ini menggunakan prinsip yang sama, tetapi ini furnitur membelakangi area sirkulasi, anda memerlukan ruang yang yang sedikit lebih luas untuk tujuan ini. Mempertahankan area sirkulasi terbuka pada salah satu sisi ruangan secara efektif menciptakan sebuah lorong dengan ruang tamu pada satu sisi.

  • Penataan Sudut
    Tempatkan furnitur dalam susunan sudut dengan ruang yang tersisa untuk area sirkulasi. Penempatan sudut ini memisahkan zona khusus ruang tamu dengan area sirkulasi sehingga orang tidak akan lalu-lalang di sekitarnya. Jendela panel kaca pada dinding juga memberikan sentuhan yang bagus di ruang sempit karena secara visual dapat mengubah bentuk ruang menjadi lebih lapang.

Anda juga bisa menempatkan furnitur pada sudut seperti gambar ini. Pintu terbuka di sebelah kiri dan orang bebas lalu-lalang di area sirkulasi. Hindari menambahkan terlalu banyak tempat duduk agar tidak menghalangi area sirkulasi.

Ingin mencoba ide lain dengan prinsip sudut? Pada ruang ini, furnitur ditempatkan di sudut membelakangi area sirkulasi. Cara ini memungkinkan orang bebas lalu-lalang di area sirkulasi tanpa mengganggu tamu yang sedang berkunjung.

  • Tegak Lurus
    Di ruangan ini, letak furnitur tegak lurus menyesuaikan panjang ruangan, dengan ruangan yang tersisa untuk area sirkulasi sehingga membuat ruangan ini terlihat lapang.

Penempatan dua kursi, tanaman dan lukisan di ujung ruangan membantu membatasi panjang ruangan sehingga ruangan ini tidak berkesan terlalu panjang dan membosankan.

  • Tata Letak Miring
    Untuk mengurangi kesan seperti terowongan, cobalah penataan beberapa furnitur dengan sudut kemiringan tertentu. Penataan ini dapat membatasi panjang ruangan sehingga tidak berkesan seperti lorong panjang yang membosankan.

Sumber: Seni menata perabot di ruang yang panjang sempit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: