Tips Mendekorasi Rumah yang Nyaman

Tips Mendekorasi Rumah yang Nyaman

Dekorasi rumah minimalis akan membantu anda dalam menciptakan hunian yang nyaman, enak dipandang dan terlihat luas, meskipun ukurannya kecil. Tips mendekorasi rumah minimalis adalah kombinasi antara pemilihan perabot, penataan barang dan pencahayaan yang sesuai.

Secara teori tidak sulit untuk dekorasi rumah berukuran kecil. Namun, dalam prakteknya tidak demikian. Dekorasi rumah yang berukuran kecil memiliki aturan mainnya sendiri.

Berikut adalah tips-tips yang sangat membantu kamu dalam mendekorasi rumah minimalis anda:

1. Singkirkan Benda yang Tidak Perlu

tips mendekorasi rumah

Hal yang perlu dilakukan sebelum mendekor adalah menyingkirkan benda-benda yang tidak diperlukan.Lihatlah sekeliling anda, benda apa saja yang nampak di pandang?
Jika terlihat tumpukan kertas tidak terpakai, kunci, sepatu, gelas-gelas kosong atau benda-benda lainnya yang tidak esensial segera rapikan.

Setelah itu pikirkan, akan dikemanakan benda-benda ini? Kertas-kertas yang tidak terpakai tentu akan dibuang. Sedangkan kunci, sepatu dan gelas akan disimpan di tempat yang seharusnya.

Setelah semua itu beres, anda dapat melihat kondisi rumah secara lebih jelas dan siap untuk langkah selanjutnya.

2. Pilih Warna Netral

tips mendekorasi rumah

Ketika ingin memilih warna dasar untuk dekorasi rumah minimalis, pilihlah warna netral. Alasanya, warna netral dapat menciptakan kesan yang fresh dan kalem di dalam ruangan.

Contoh warna netral yang paling umum digunakan pada rumah minimalis adalah putih. Warna ini mampu menciptakan kesan luas di dalam ruangan. Selain itu, putih juga mampu memancarkan cahaya alami, sehingga ruangan akan nampak lebih hangat.

Disarankan untuk tidak terlalu banyak menambahkan warna-warna berbeda dalam satu ruangan. Satu atau dua warna saja sudah cukup, anda bisa melengkapi warna putih dengan warna kalem atau abu-abu untuk memperkuat kesan minimalis.

3. Sisakan Ruang Kosong

dekorasi rumah

Kita tidak perlu memanfaatkan seluruh ruang yang ada untuk meletakkan furnitur. Sisakan ruang kosong, karena ini merupakan elemen terpenting dalam dekorasi rumah minimalis. Intinya harus ada titik fokus untuk mencapai keseimbangan visual.

4. Gunakan Kursi dan Meja yang Transparan

dekorasi rumah

Kursi dan meja seringkali memakan banyak tempat lebih dari yang kita perkirakan. Tentu hal ini sangat bertentangan dengan prinsip dekorasi minimalis. Untuk menyiasatinya, anda bisa menggunakan meja dan kursi yang transparan.

Meja dan kursi yang transparan akan membuat ruangan terlihat lega, karena kita dapat melihat benda-benda lain dibalik kedua furnitur tersebut.

5. Manfaatkan Cermin

Mau membuat ruangan lebih luas lagi? Letakkanlah cermin di dinding rumah anda. Cermin mampu membuat ilusi seakan ukuran ruangan lebih besar dua kali lipat. Untuk merealisasikan efek ini, anda hanya perlu memajang cermin di atas meja atau di dinding rumah.

6. Gunakan Furnitur Berukuran kecil

Ketika membuat dekorasi minimalis, anda dituntut untuk memanfaatkan ruang se-efisien mungkin dan di saat yang bersamaan juga menyisakan ruang kosong untuk titik fokus. Oleh karena itu disarankan untuk menggunakan furnitur yang kecil saja.

Menggunakan furnitur minimalis bukan berarti harus mengorbankan kenyamanan anda. Saat ini sudah banyak dijual furnitur-furnitur kecil, namun tampak mewah dari segi visual. Pastikan furnitur-furnitur yang anda gunakan senada dengan desain interior ruangan.

7. Pilih Kualitas Jangan Kuantitas

Mendekorasi rumah minimalis akan memerlukan banyak pertimbangan, karena terbatasnya ruang. Maka dari itu, anda perlu menyeleksi secara ketat perabotan-perabotan apa saja yang nantinya akan masuk ke dalam rumah. Ingatlah, tujuan utama anda adalah menciptakan ruangan yang nyaman.

baca juga: tips dekorasi hunian minimalis yang praktis

8. Berkesperimen dengan Tekstur

tekstur ruang

Menggunakan warna netral saja tentu akan membosankan. Untuk menghindari kesan yang monoton di dalam ruangan, anda dapat bereksperimen dengan tekstur. Tambahkan barang-barang yang memiliki tekstur yang berbeda dengan dinding atau furnitur, misalnya karpet rajut, sarung bantal dari manik=manik.

Seorang art director asal Swedia, untuk mendapatkan tampilan yang minimalis pada interior rumah, anda tidak perlu mencampurkan terlalu banyak tekstur atau warna yang berbeda. Jika interior berwarna dasar putih, anda cukup menambahkan warna krem, abu-abu cerah dan tone warna tan (terbakar matahari) yang biasa kita lihat di alam.

baca juga: tips dekorasi ruang tamu minimalis

9. Jangan Halangi Cahaya Alami

Ruangan gelap adalah dalang utama yang membuat rumah terlihat lebih suram dan sempit. Atasi hal ini dengan cahaya alami dari matahari. Jendela adalah jalur utama masuknya cahaya alami di rumah anda. Maka dari itu, kalau bisa, anda tidak perlu mengutak-atik lagi jendela di rumah.

Akan tetapi jika hal itu terjadi masalah karena mengganggu privasi, anda dapat menggunakan tirai dari bahan yang sangat tipis. Usahakan tirai tidak menghalangi cahaya matahari masuk, meskipun telah ditutup. Jika ingin menciptakan kesan dekorasi rumah kecil tapi mewah, anda dapat menggunakan tirai yang tinggi, setinggi dinding rumah.

baca juga: tips menata ruang tamu yang terlihat sempit

10. Hati-Hati Menggunakan Pattern

pattern

Dalam dekorasi minimalis, biasanya penggunaan pattern atau pola dibatasi. Jika anda tetap ingin menggunakan pattern, anda dapat memilih tipe pattern yang kecil-kecil. Pattern bisa digunakan pada barang-barang seperti tirai dan sarung bantal.

Untuk dinding, disarankan untuk memilih pattern berupa garis horizontal. Garis horizontal dapat menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas.

Dekorasi rumah minimalis memang memerlukan perencanaan matang. Maka dari itu, anda perlu membayangkan bentuk dekorasi anda sebelum memulai. Tips-tips mendekorasi di atas bisa menjadi pegangan sebelum anda mulai menata rumah idaman.

Sumber: dekorasi rumah minimalis

Mau dapatkan Materi dan Info penting lainnya mengenai desain eksterior & interior
silahkan gabung di channel Telegram sharing Jagoproyek ini!join telegram

jagoproyek.com – rumah3desain.id
Jl. H. Gedad No. 85  Kel. Paninggilan Utara, Ciledug. Tangerang – Banten 15153
Phone : 0817-7414-2291
Email :  admin@jagodesainproyek.com

Open chat
Hubungi CS JagoProyek !
Hubungi CS JagoProyek !