Tips Merancang Bangunan Pada Desain Untuk Rumah Ideal

Tips Merancang Bangunan Pada Desain Untuk Rumah Ideal

Sahabat JagoProyek, Di daerah Eropa terdapat 200 kuil gaya Yunani dengan bentuk tips merancang bangunan, denah dan ciri-ciri yang kurang lebih sama. Fungsi dan strukturnya kurang lebih sama, semuanya boleh dikatakan bagus, tapi hanya dua yang terkenal karena keindahannya yang istimewa yaitu Parthenon dan Temple of Zeus.

Seorang arsitek yang telah mempelajari teori arsitektur dengan cermat, akan sanggup merancang bangunan yang fungsional, kuat strukturnya dan mungkin juga bentuk yang tidak buruk, karena ini memang dapat dihasilkan oleh usaha fisik seperti tenaga, otak, dan kerajinan. Tetapi untuk mencapai keindahan, apalagi keindahan istimewa diperlukan lebih daripada usaha daging semata. Ini memerlukan banyak tenaga dan otak, kita lihat hukum-hukum fungsi, struktur, dan keindahan dipenuhi, tetapi kesannya tidak menarik.

Kita lihat karya yang dibuat memakai akal sehat, secara sederhana, rendah hati, jujur dan tidak keras kepala dalam mengikuti aturan hukum-hukum arsitektur, tetapi dipakai seperlunya saja, hasil karyanya hanya sedikit berbeda dengan kebanyakan hasil karya biasa lain, bahkan lebih sederhana tetapi perbedaan yang sedikit itu dan bentuk yang lebih sederhana itu merupakan ciri-ciri yang menarik sehingga berkesan di hati.

tips merancang bangunan

Dengan usaha seperti ini secara terus-menerus, maka lambat laun keindahan akan meresap ke dalam diri kita menjadi miliki kita yang dapat kita kuasai, sehingga keindahan dapat kita buat dan berhasil seperti yang kita rancang seperti berikut:

tips merancang bangunan

  • Sikap Batin

Seorang awam sering mencari rumus buku dalam ilmu yang non eksak ini. Sekali ia menemukan ketentuan, dia ikuti dengan patuh, walaupun harus menghadapi kesulitan besar, ia tidak berani menyimpang dari ketentuan itu sehingga rumus yang sebenarnya bukan rumus itu membatasi keterbatasannya dan karyanya menjadi kaku (sikap keras dan bodoh)

  • Tujuan yang Luhur

Seperti akan diuraikan nanti, arsitektur bangunan menjadi indah kalau makna yang dikandungnya indah. Setiap bangunan tentunya mempunyai tujuan. Jika tujuannya sesuatu yang luhur, misalnya untuk memuliakan rakyat banyak berupa gedung DPR, maka jika rencananya ditopang dengan tujuan itu dan berhasil dicapai, hasilnya tentu indah.

  • Nasihat Bagi Pemula

Semua ilmu jika telah mencapai tingkat yang tertinggi tentu memakai kekuatan batin. Bagi seorang awam atau arsitek pemula, untuk mencapai keindahan memang sukar dan membingungkan. Sebab itu dianjurkan agar tidak mencari-cari keindahan. Bekerjalah dengan sederhana dan jujur tanpa takut membuat hasil yang buruk. Ikutilah syarat-syarat fungsi dan struktur sebagaimana adanya. Dengan kecermatan, keindahan dapat timbul dengan sendirinya.

Baca juga: kepribadian seorang arsitek desain rumah

Setelah kita ikuti ketentuan-ketentuan fungsional dan struktural, maka kita akan memperoleh sesuatu bentuk yang benar-benar fungsional dan struktural, maka kita akan memperoleh sesuatu bentuk yang benar-benar fungsional dan struktural. Sering kali keindahan sudah tercapai.

Kalau keindahan belum tercapai juga atau belum memuaskan, baru kita maju ke rumus-rumus keindahan. Tak perlu semua rumus kita terapkan, tetapi kita lihat segi apanya yang belum ada pada bangunan kita sehingga belum mencapai keindahan. Apakah terlalu polos? Ini bisa berarti kurang irama, yang bisa diatasi dengan mengolah warna, konsep gelap terang dari dinding dan kaca, menonjolkan struktur pada bagian-bagian yang mendukung atau unsur-unsur struktural diberi ornamen garis-garis sederhana seperti alur, tekukan lengkung atau tonjolan yang dapat diberikan secara horizontal yang dapat diberikan secara horizontal dan vertikal.

Semoga bermanfaat tips merancang bangunan untuk desain rumah anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *