Tips Merancang Kamar Tidur Minimalis yang Simpel

Tips Merancang Kamar Tidur Minimalis yang Simpel

 

Tips merancang kamar tidur memiliki kasur dan bantal karena fungsi utamanya adalah sebagai tempat beristirahat. Namun, sebaiknya kita juga ingat bahwa kamar tidur adalah ruang pribadi di mana kita bebas menjadi diri sendiri.
Bagi yang sudah berpasangan, kamar tidur menjadi tempat untuk melewatkan hari-hari bersama dan mendiskusikan hal-hal yang hanya boleh diketahui berdua. Sedangkan buat mereka yang masih single, kamar tidur bukan hanya ruang untuk tidur. Tapi juga sebagai tempat untuk berkarya dan berpikir setelah seharian beraktivitas.

Demi memenuhi tujuan itu, maka tidak berlebihan kiranya bila desain kamar tidur dirancang sesuai kebutuhan dan karakter si pemiliknya. Kendala yang biasanya dihadapi adalah munculnya kekhawatiran kalau desain kamar tidur semacam ini nantinya akan menghabiskan banyak biaya. Untuk itu anda tidak perlu khawatir.
Inilah tips merancang desain kamar tidur secara simpel dan pastinya terjangkau buat kantong:

1. Hiasi dengan Foto atau Gambar

tips merancang kamar tidur

Foto orang-orang tercinta, tempat wisata yang pernah dikunjungi, atau gambar cocok sebagai hiasan kamar tidur. Untuk menciptakan atmosfer tenang dan tidur yang lebih nyenyak, sebaiknya foto menampilkan suasana yang tenang juga. Lebih baik lagi bila dicetak dengan warna lembut, monokrom, atau hitam putih.
Demikian juga dengan gambar. Obyek dalam foto atau gambar sebaiknya tunggal dan tidak menunjukkan aktivitas yang sangat aktif.

Selain itu, frame atau bingkai juga perlu diperhatikan. Bentuk frame sebaiknya lurus dan simpel, tidak terlalu banyak detail pada tepiannya.

2. Rak Melayang Agar Desain Kamar Tidur Semakin Cantik

tips merancang kamar tidur

Bila kamar tidur tidak luas, tempat penyimpanan bisa jadi solusi untuk memaksimalkan fungsi ruang sekaligus mempercantiknya.

Namun, jenis rak dinding yang kami sarankan untuk kamar tidur adalah rak dinding melayang seperti pada gambar. Rak dinding semacam ini bisa dipasang dengan bantuan bor dan sedikit rumit bila dibandingkan memasang rak dinding berpenyangga.
Rak dinding melayang bisa jadi tempat penyimpanan sekaligus elemen dekoratif untuk mereka yang ingin memoles desain kamar tidur dengan biaya, terjangkau. Meski demikian, perlu diperhatikan agar tidak meletakkan benda-benda yang terlalu berat do rak dinding semacam ini.

3. Cahaya bikin Desain Kamar Tidur Tampil Beda

tips merancang kamar tidur

Cahaya adalah elemen penting untuk segala jenis ruangan. Namun, unsur ini menjadi sangat penting bila kita hendak menciptakan desain kamar tidur yang mengundang dan menenangkan.
Meletakkan lampu di samping tempat tidur sudah biasa dilakukan. Biasanya lampu ini diletakkan di atas nakas atau meja samping tempat tidur. Bila ingin sesuatu yang beda, kita bisa mencari alternatif lain seperti lampu yang digantung di samping tempat tidur seperti contoh. Atau bisa juga lampu tempel dinding yang saat ini tersedia dalam beragam pilihan bentuk dan warna.

Sebaiknya pilih lampu yang tidak memancarkan cahaya menyilaukan, agar penghuni kamar tidak sulit memulai tidur. Warna bisa disesuaikan dengan warna kesukaan si penghuni kamar tidur.

4. Mengganti Warna Cat Dinding

tips merancang kamar tidur

Inilah cara yang paling praktis memperbarui desain kamar tidur, tidak mahal pula. Yang kita butuhkan hanya beberapa kaleng cat dan kuas.
Satu hal yang perlu diingat adalah pemilihan warna, mengingat ada atmosfer ketenangan dan relaksasi sesuai fungsi ruangan sebagai ruang untuk beristirahat.
Sangat mungkin warna favorit kita tidak sesuai untuk desain kamar tidur idaman, apalagi kita menyukai warna pink, kuning terang, hijau pupus, atau warna-warna lainnya.

Baca juga: mendesain interior kamar tidur anak

Bila tidak punya banyak waktu untuk mengganti warna cat dinding, cara simpel lainnya untuk mengupdate desain kamar tidur adalah dengan memasang kertas dinding alias wallpaper. Ingin suasana romantis? Saat ini sudah ada wallpaper yang bisa menyala dalam gelam.

5. Utamakan Tempat Tidur

Tempat tidur adalah bagian utama sebuah kamar tidur. Bila kamar tidur kecil atau besar, tempat tidur sebaiknya ditata seksama agar tampak mengundang dan badan yang terasa penat ingin segera berbaring di atasnya. Saat membuat desain kamar tidur sejak awal, lokasi tempat tidur adalah hal yang pertama kali dipikirkan seorang desainer.

Begitu juga saat berencana mengubah desain kamar tidur. Mengubah atau memidahkan letak tempat tidur adalah hal pertama yang sebaiknnya kita pikirkan. Misalnya, bila sebelumnya tempat tidur berhadapan langsung depan pintu, bagaimana bila sekarang letaknya digeser sedikit menjauh dari pintu?
Setelah masalah peletakan beres, kini saatnya kita memikirkan bagaimana mengubah tampilan tempat tidur. Ingat, kita tidak harus membeli tempat tidur baru agar desain kamar tidur terlihat baru.

Untuk memberikan tampilan tempat tidur ala hotel silahkan ganti sprei dengan sprei warna putih. Lalu pasangkan sarung bantal dan guling berwarna kalem. Bisa dilengkapi juga dengan selimut berwarna senada agar hasilnya lebih menenangkan.

6. Desain Kamar Tidur Lebih Cantik dengan Sedikit Barang

Ini bukan lantaran terinspirasi gaya minimalis yang sedang kekinian. Saat hendak pergi tidur kita harus dalam kondisi tidak memikirkan apa-apa. Bahkan ujaran pada diri sendiri untuk segera memejamkan mata pun sebaiknya tidak.

Mungkin tidak bisa kita lakukan bila kamar tidur kita terlalu penuh dengan barang. Ada buku-buku, pakaian berserakan, atau tas kantor yang bergeletakan. Bisa-bisa kita tidak jadi mengantuk karena mendadak teringat pekerjaan yang belum selesai. Oleh karena itu, menjaga kerapian kamar tidur itu penting.

Namun, ada juga hal lain yang lebih penting, yaitu mengurangi jumlah barang yang diletakkan di kamar tidur. Kuris atau karpet lama masih bisa digunakan lagi bila sudah dicuci warnanya yang tertutup debu dan kotoran muncul kembali.
Mengganti kain pelapis kursi juga bisa dilakukan agar tampilan desain kamar tidur juga terlihat baru. Jika ingin cara yang lebih ekonomis, kita bisa letakkan kain polos atau bermotif sebagai aksen sederhana.

7. Desain Kamar Tidur Terlihat Baru Berkat Jendela

Semua elemen yang ada di ruang tidur bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menghasilkan desain kamar tidur impian, termasuk jendela. Dalam gaya minimalis, bingkai jendela yang ringkas dan simpel seperti pada gambar memang lebih disukai.
Meski demikian, ini tidak berarti kita harus mengganti bingkai jendela untuk mendapatkan tampilan desain kamar tidur yang kekinian.
Cara yang paling mudah adalah memasang tirau baru, dan ini pastinya lebih hemat biaya daripada mengganti kusen jendela. Bila kamar tidur tidak luas, tirai yang dipilih sebaiknya berkarakter ringan, tidak terlalu tebal, dan sesuai dengan warna tema dinding kamar.

Sumber: tips merancang desain kamar tidur minimalis terjangkau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *