Tips Mendesain Rumah yang Mudah Dibersihkan

Tips Mendesain Rumah yang Mudah Dibersihkan

Apabila anda hendak merombak atau merancang rumah impian anda dengan konstruksi baru, pilihan pada tata letak, finishing dan furnitur semuanya akan berdampak pada jumlah waktu yang akan anda habiskan untuk membersihkannya. Berikut ini adalah beberapa tips mendesain rumah yang mudah dibersihkan.

Tips Mendesain Rumah

1. Segalanya berawal dari sini
Lantai adalah bagian rumah yang paling cepat kotor. Pertimbangkan jenis lantai dengan finishing yang mudah dibersihkan tanpa perlu menggunakan bahan pembersih kimia atau peralatan berat lainnya. Ada beberapa pilihan yang bisa anda coba, di antaranya adalah.

Stained Concrete

Termasuk jenis beton dekoratif, yaitu lantai beton yang mengalami proses pewarnaan yang disebut concrete staining, dengan menggunakan pewarna dari bahan kimia bersifat asam yang bereaksi dalam pori-pori beton. Pewarna asam ini memberikan hasil finishing yang berkesan seperti marmer, dan dilengkapi dengan lapisal sealer pelindung. Dengan lapisan seal yang tidak berpori membuat jenis lantai ini mudah disapu dan dipel, cukup awet dan tahan air.

Tips Mendesain Rumah

Luxury Vinyl
Inilah salah satu solusi yang mudah, variatif, ekonomis dan praktis. Lantai vinyl mewah ini terbuat dari polimer sintetik dengan pigmentasi dan penambahan motif dan warna tertentu. Anda bisa menemukan lantai vinyl dalam berbagai bentuk, seperti misalnya motif papan kayu (handwood), batu alam, kulit hewan, ubin, marmer, dan bahkan keramik dengan motif terbaru. Bisa dibilang lantai vinyl paling mudah disapu dan dipel, tahan air, dan noda serta pembersih dari bahan kimia apa pun.

kicthen set

Hardwood
Lantai hardwood ini terbuat dari potongan papan kayu alami yang disebut parquet. Lantai berkualitas premium ini tergolong mahal dan memiliki tampilan mewah, namun sangat awet, berdaya tahan tinggi, tahan air dan noda, mudah disapu dan dipel.

Engineered Wood
Ingin lantai dengan tampilan hardwood namun harga lebih ekonomis? Engineered wood atau disebut juga composite wood adalah pilihan yang tepat. Tipe lantai dengan material kayu rekayasa ini juga dapat dibuat menjadi parquet. Walau tidak asli, lantai ini memiliki tampilan yang elegan meski dengan anggaran minim, cukup kuat dan awet, tahan terhadap air dan noda, dan mudah dibersihkan.

ruang makan

Lantai Laminate
Lantai laminate memiliki tampilan mirip seperti vinil dan ramah lingkuangan. Lantai ini sangat cocok untuk anggaran minim, mudah dipasang dan dibersihkan. Selain itu, jenis lantai ini berdaya tahan tinggi, tahan air, noda, dan gores, serta tidak mudah kusam. Perbedaan utama dalam metode pembersihan dengan lantai laminate adalah anda harus lebih berhati-hati dengan jenis bahan pembersih yang anda gunakan. Bagi anda yang tidak suka menggunakan pembersih dari bahan kimia, lantai laminate adalah pilihan yang tepat.

living room

Karpet Ubin
Ingin sesuatu yang berbeda? Coba pertimbangkan karpet ubin, bukan karpet wall-to-wall atau permadani berukuran besar. Karpet ubin memiliki berbagai pilihan motif, pola dan tekstur. Karpet ubin ini sangat mudah dibersihkan dengan vacuum cleaner seperti halnya karpet lainnya, tetapi satu hal yang paling hebat. Jika terkena noda, anda tinggal mengambil petak ubin itu dan mencucinya sampai bersih. Setelah kering, anda bisa mengembalikannya lagi pada posisinya semula. Gampang sekali bukan?

Anda hanya membutuhkan sapu dan alat pel yang bagus untuk membersihkan lantai, tetapi khusus untuk lantai kayu, anda tidak bisa menunda waktu untuk membersihkan setiap air atau nida. Sebaiknya hindari pembersih dari bahan kimia agar lantai anda tahan lama. Gunakan sabun atau cairan pembersih alami buatan sendiri yang aman dan ramah lingkungan. Jika anda memiliki lantai karpet wall-to-wall, cobalah membatasinya hanya untuk kamar tidur, sehingga meringankan pekerjaan anda.

Kitchen set

2. Sistem Vacuum Sentral
Dengan cara ini, anda tidak perlu repot-repot mengangkat dan memindahkan vacuum, sehingga pekerjaan membersihkan rumah jauh lebih cepat. Buatlah sistem vaccum sentral dengan sweep inlet (lubang penghisap). Meskipun lubang penghisap paling bagus dipasang di bagian bawah dinding, namun bisa juga dipasang di lantai asalkan agak tersembunyi (semua lubang harus memiliki penutup besi). Solusi lainnya adalah dengan menempatkan lubang di bawah kabinet atau lemari, atau di sudut ruangan.

Kitchen set

3. Dinding adalah Kanvas!
Dinding juga harus mudah dibersihkan, terutama jika anda memiliki anak-anak atau hewan peliharaan. Anda tahu seperti apa tingkah mereka, bukan? Mereka punya seribu cara untuk mengacaukan dinding anda. Untungnya ada solusi baru yang bisa anda coba. Cobalah pertimbangkan cat berkualitas baik dan “scrubbable”. Apa maksudnya itu? Cat ini berbeda dengan jenis washable yang hanya bisa menyeka dinding dengan lap basah. Cat scrubbable ini dapat menghapus noda dengan menggosok dinding menggunakan sikat, spons, atau kain lap. Dengan cara ini anda akan lebih mudah membersihkan dinding tanpa takut cat terkelupas. Anda bisa mengaplikasikan cat ini di ruang-ruang yang sering terkena noda dan coretan, misalnya kamar tidur anak, dapur, dan ruang lainnya.

kitchen set

Solusi lainnya yang sekarang sedang populer adalah chalkboard paint, yaitu cat khusus yang dapat diaplikasikan ke semua permukaan seperti kayu, batu bata, metal, furnitur dan peralatan rumah tangga, keramik, dan dinding polos untuk dijadikan papan tulis serba guna. Selain warna hitam, ada berbagai warna lain yang bisa anda pilih. Anda bisa mengapliasikannya di ruang anak, dapur dan bahkan semua tempat. Dengan cara ini, anak anda bebas menuangkan kreativitas mereka.

4. Pikirkan penutup dinding
Apakah anda suka penutup dinding, tetapi ragu-ragu memilih karena akan sulit untuk membersihkannya? Ada solusi yang tepat untuk anda. Cobalah pertimbangkna penutup dinding vinil. Produk ini semakin meningkat selama beberapa tahun terakhir sehingga sekarang anda dapat menemukan berbagai pilihan corak seperti sutra, rumput, linen, dan banyak lagi. Selain itu, bahan ini mudah dilap, dan harganya terjangkau.

tips mendesain rumah

5. Pelapis sofa
Sofa juga tidak boleh luput dari perhatian anda. Pilihlah bahan pelapis sofa yang tahan lama, tahan noda, dan mudah dibersihkan. Bahan jok kulit adalah favorit bagi orang-orang yang memiliki anak-anak karena mudah diseka. Sebaiknya pilihlah warna-warna gelap untuk menyamarkan noda yang mungkin tertinggal, misalnya abu-abu gelap, hitam, merah muda, atau cokelat tua.

tips mendesain rumah

Inilah beberapa tips mendesain rumah untuk referensi yang bisa kamu terapkan dirumah idamanmu!

Sumber: tips mendesain rumah yang mudah dibersihkan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *