Tips Renovasi Rumah yang Hemat Biaya

Tips Renovasi Rumah yang Hemat Biaya

Sahabat arsitek, kali ini kami akan memberikan beberapa tips renovasi rumah hemat biaya. Rumah kita bisa saja terlihat sumpek dan kusam. Hal ini terjadi karena beberapa bagian melapuk, memburuk kondisinya, dan kurang perawatan. Seringkali kita berpikir untuk melakukan renovasi rumah, namun keterbatasan biaya dan waktu jadi penghalang utama.

Mari kita simak beberapa tips renovasi rumah hemat budget:

1. Melindungi dan Merawat Furnitur

tips renovasi rumah

Furnitur yang sudah lama dipakai sebaiknya jangan disingkirkan dulu, penggantian seluruh furnitur bisa jadi pemborosan. Hal ini sederhana dalam renovasi rumah adalah menjaga kondisi furniturmu selalu bersih. Apalagi jika kamu seorang penyuka mebel berbahan kayu, maka ada beberapa faktor yang mesti diperhatikan, seperti cahaya matahari, suhu, dan kelembapan.

Furnitur berlapis pelitur membutuhkan cairan kimia khusus dalam membersihkannya. Pastikan kamu mengikuti instruksi dengan benar agar tidak terjadi kesalahan dalam renovasi rumah yang menyebabkan furniturmu mengalami degradasi. Sebelum renovasi rumah, kamu bisa membeli cairan ini di toko mebel terdekat.

2. Melindungi Dinding Saat Renovasi Rumah

tips renovasi rumah

Renovasi rumah tidak harus mengganti atau mengubah seluruh hal di dalam ruangan. Renovasi rumah yang dimaksudkan melindungi dinding saja sudah membuat tampilannya terlihat baru. Tampilan dinding yang kusam serta lecet tentu saja akan terlihat tidak bagus.

Kalau kondisi dindingmu masih baik, renovasi rumah bisa dilakukan menggunakan sejenis cairan pelapis. Cairan ini berguna agar kotoran, coretan, ataupun tumpuhan dapat dibersihkan dengan mudah dari dindingmu. Renovasi rumah tentu saja tidak hanya tentang memperbaiki, tetapi juga memperindah.

3. Memperbarui Desain Pintu

tips renovasi rumah

Tidak bisa dipungkiri bahwa hal pertama yang kita lihat ketika memasuki rumah adalah pintu. Dengan pertimbangan ini, kamu bisa menitikberatkan renovasi rumah pada pintu masuk. Jika pintu rumahmu terbuat dari bahan kayu dan telah menunjukkan tanda-tanda pengeroposan, kamu dapat langsung merenovasi rumah dengan menambahkan beberapa hiasan atau ukiran untuk menutupinya.

Untuk mencegah pelapukan kembali, kamu bisa merenovasi rumah dengan cara melapisi pintu kayumu memakai pernis berbahan dasar minyak. Namun, jika pintumu berbahan logam, kamu dapat membersihkan karatnya dengan produk yang mengandung asam oksalat. Selain itu, kamu juga perlu memberikan pelumas pada engsel dan kaki pintu agar tetap fleksibel serta tidak menimbulkan bunyi berderit ketika dibuka atau ditutup.

4. Atur Kembali Pencahayaan

tips renovasi rumah

Sebelum melakukan renovasi rumah besar-besaran, cek dulu apakah selama ini lampu-lampu rumahmu yang jadi masalah. Kenapa bisa begitu? Pencahayaan yang kurang dan tidak tepat tentu saja dapat membuat rumahmu tak enak dipandang.

Pada siang hari, pastikan intensitas cahaya matahari cukup masuk ke rumahmu. Sehingga rumah lebih sehar, tidak tampak redup, juga menjaga tingkat kelembapan. Memastikan hal ini juga berarti menghemat biaya renovasi rumah.

5. Segarkan Suasana Dapur

segarkan dapur minimalis

Dapur termasuk salah satu ruangan vital di dalam rumah, jadi kalau ingin melakukan renovasi rumah, jangan lupa untuk juga memperhatikan dapur. Mengganti peralatan dapur yang telah usang merupakan salah satu langkah penting dalam renovasi rumah.

Bila perlu, pasang pewangi ruangan dengan harum yang lembut untuk menetralisir bau yang kurang sedap dari arah dapur.
Renovasi rumah dengan cara mempercantik tembok dapur juga penting dilakukan. Kamu bisa menempatkan beberapa bingkai foto atau gambar didapurmu untuk menggugah selera.

6. Tanaman untuk Menghidupkan Rumahmu

hiasan ruang tamu

Salah satu tujuan penting dari renovasi rumah adalah membuat rumah tampak lebih hidup. Seringkali rumah tampak suram bukan karena usangnya mebel atau desain interior, tapi karena kurangnya aneka tanaman hijau yang mampu membuat hunian jadi lebih asri dan alami.

Jika masalah rumahmu juga seperti itu, renovasi rumah yang dibutuhkan adalah penambahan tanaman, baik di sudut ruangan ataupun di atas meja. Adapun aneka tanaman indoor yang bisa kamu pilih di antaranya adalah lidah mertua, monstera, bambu rejeki, atau money plant.

7. Membersihkan Lantai Rumah

tips renovasi rumah

Lantai yang bersih membuat rumah menjadi nyaman untuk ditinggali. Namun, hal ini tak mungkin diperoleh jika lantai kotor dan warnanya memudar sehingga menimbulkan kesan suram dan kusam. Renovasi rumah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan penggantian lantai.

Sebelum itu, cobalah untuk mulai membersihkan lantaimu. Alternatif renovasi rumah lain jika kamu bisa memiliki biaya lebih adalah memakai lantai kayu atau memilih motif keramik lantai sesuai dengan konsep ruanganmu, terutama pada ruangan inti di rumah. Misalnya ruang tamu. Kamu juga bisa menambahkan karpet pada lantai berwarna cerah untuk memberikan kesan mewah pada ruanganmu.

sumber: tips renovasi rumah yang nggak nguras budget